Header Image

Ingat! Ini Cara Penyebaran Virus Corona

Ingat! Ini Cara Penyebaran Virus Corona

Suarakaltim.com – PERSEBARAN virus corona COVID-19 di Indonesia, terutama Jakarta dan sekitar memang masih cukup tinggi. Jumlah para penderita yang positif corona pun semakin bertambah setiap harinya.

Memang virus Corona COVID-19 mudah menyebar jika kita berada dekat dengan orang yang sakit. Selain itu, penyebaran virus corona COVID-19 ini juga bisa terjadi pada benda mati.

Melansir keterangan dari Kemenkes, seseorang dapat terinfeksi dari penderita COVID-19 melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin.

Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya. Kemudian jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID-19.

 

hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID-19.

Sampai saat ini, belum diketahui dengan pasti berapa lama COVID-19 mampu bertahan di permukaan suatu benda, meskipun studi awal menunjukkan bahwa COVID-19 dapat bertahan hingga beberapa jam, tergantung jenis permukaan, suhu, atau kelembaban lingkungan.

Namun disinfektan sederhana dapat membunuh virus tersebut sehingga tidak mungkin menginfeksi orang lagi. Dan membiasakan cuci tangan dengan air dan sabun, atau hand-rub berbasis alkohol, serta hindari menyentuh mata, mulut atau hidung (segitiga wajah) lebih efektif melindungi diri Anda.

BACA JUGA :  BIN Perkirakan Puncak Corona Sampai Bulan Ramadan

Atau bisa juga seseorang terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Inilah sebabnya mengapa kita penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang yang sakit.

Sampai saat ini, para ahli masih terus melakukan penyelidikan untuk menentukan sumber virus, jenis paparan, dan cara penularannya.

Waktu yang diperlukan sejak tertular/terinfeksi hingga muncul gejala disebut masa inkubasi. Saat ini masa inkubasi COVID-19 diperkirakan antara 1-14 hari, dan perkiraan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan kasus.

Leonardus Selwyn Kangsaputra
 
 (ilustrasi foto : Shutterstock)

Leave a Reply

shares