SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Waspada Gejala Sakit Jantung Sebelum Terlambat

Friday, 16 February 2018 | 10:46 am | 122 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
PropellerAds

Rasa nyeri di dada sebelah kiri, sesak napas hingga pingsan mendadak merupakan serangan jantung. Tapi, terutama pada wanita, serangan jantung bisa terjadi dengan proses lambat, bahkan berminggu-minggu. Ini penyebab  mengapa penanganan penyakit jantung sering kali terlambat. Berikut gejala-gejala gangguan jantung yang sering tersamar:

Rasa Mual
Mual dan muntah bukan sekadar gangguan pencernaan bila disertai dengan sesak napas, keringat dingin atau nyeri di dada atau punggung.

Hosting Unlimited Indonesia

Sesak napas
Sangat sulit membedakan rasa panik dan serangan jantung karena keduanya memiliki gejala sama. Bedanya: panik terjadi karena stres dengan disertai gemetar selama kurang lebih lima menit. Sementara gejala serangan jantung pada wanita terjadi perlahan dan berlangsung lama.

Rahang Nyeri
Saat serangan jantung terjadi, rasa sakit juga merambat ke rahang. Ini karena saraf yang melekat pada rahang terletak dekat jantung. Jika rahang terasa sakit terus menerus, mungkin ada kaitannya dengan masalah gigi. Namun, jika muncul-hilang, itu lebih berhubungan dengan jantung.

Tubuh Cepat lelah
Rasa cepat lelah menandakan bahwa aliran darah ke jantung mengalami gangguan. Jika hanya melakukan aktivitas sepele dan Anda merasa lelah, segera konsultasikan ke dokter.

Bagaimana serangan jantung terjadi?
Serangan jantung kerap dipicu oleh penumpukan lemak atau plak di arteri koroner jantung. Ketika plak menjadi kental dan keras, awal dari penyakit jantung secara umum.

Plak memblokir aliran darah dan oksigen ke jantung hingga menyebabkan serangan. Faktor risikonya adalah riwayat keluarga, tekanan darah tinggi dan atau kolesterol, obesitas, merokok, tingkat stres tinggi dan gaya hidup tak sehat.

Penyebab lainnya: pembekuan darah dan pecahnya pembuluh darah di jantung yang lazim terjadi di usia 30-50 tahun.

Hosting Unlimited Indonesia

MIRIP FLU

Jantung adalah organ manusia yang paling vital karena berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Karena itu, penyakit jantung dan serangan jantung tidak boleh disepelekan.

Berita terbaru tentang serangan jantung adalah ketika Mike Mohede (32 tahun), penyanyi yang pernah memenangi Indonesian Idol, meninggal dunia pada Ahad (31/7/2016) di Tangerang, Banten.

“Menurut keterangan keluarga, (Mike) tidur siang di kamar seperti biasa. Main games sama teman. Mike izin tidur. Terus, enggak lama temannya lihat posisi tidur Mike berbeda,” kata Indra Djamal, manajer sang penyanyi. Ternyata Mike sudah meninggal secara mendadak.

Serangan jantung memang berbahaya. Sering kali orang menyepelekan gejala serangan jantung (lihat infografik). Gejala serangan jantung pada lelaki dan perempuan berbeda.

Banyak perempuan yang tidak menyadari gejala penyakit jantung yang menghampiri. Selain merasakan hal yang berbeda dengan yang dirasakan lelaki, gejala serangan jantung pada perempuan memiliki ciri yang berbeda dengan yang menyerang pria. Sayangnya, gejala ini jarang disadari oleh perempuan sebagai gejala serangan jantung.

Salah satu gejala yang berbeda adalah gejala mirip dengan flu. Rasa sakit di dada memang hampir dirasakan baik lelaki maupun perempuan ketika mengalami serangan jantung. Namun, gejala seperti flu hanya dialami perempuan. Gejala yang muncul pun hampir sama seperti terkena penyakit flu seperti kelelahan, napas pendek, pusing, dan kesulitan tidur. Gejala ini sering tidak disadari oleh perempuan sehingga mereka sering melakukan pengabaian.

Setelah mengetahui gejalanya, semua orang harus mengingat bahwa sekecil apa pun gejala itu dirasakan, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Carilah pertolongan segera. Selisih beberapa menit saja akan menentukan. sk-005/dinimon.com/foto beritagar.id/

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply