Header Image

Tak Perlu Kartu Prakerja, Ini Link 7 Kursus Online yang Bisa Didapat Gratis

Tak Perlu Kartu Prakerja, Ini Link 7 Kursus Online yang Bisa Didapat Gratis

 

Suara Kaltim Online – Pemerintah Indonesia telah meluncurkan program Kartu Prakerja yang menawarkan kursus online bagi warga.

Tak hanya melalui Kartu Prakerja saja, ada banyak perusahaan dan lembaga yang menyediakan akses kursus online secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Program Kartu Prakerja digadang-gadang menjadi solusi brilian ditengah badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat penyebaran virus corona.

Tak tanggung, pemerintah telah menaikkan anggaran Kartu Prakerja dari Rp 10 Triliun kini menjadi Rp 20 Triliun.

 

Banyaknya warga yang menjadi pengangguran juga membuat program Kartu Prakerja dibanjiri peminat.

Kursus online gratis menjadi salah satu hal yang diburu untuk mengisi waktu di rumah selama pandemi virus corona.

Berikut beberapa perusahaan atau lembaga yang menyediakan akses kursus online secara gratis selain Kartu Prakerja, Minggu (19/4/2020).

1. Nikon

Bagi para pecinta fotografi, ada baiknya mencoba mengikuti kursus fotografi yang disediakan oleh Nikon. Kursus tersebut bisa diperoleh secara gratis.

Materi yang ditawarkan juga beragam, mulai dari cara memotret objek hewan dan anak-anak, trik penggunaan speedlight, membuat video musik dan masih banyak lagi. Kursus online Nikon ini bida diakses melalui https://www.nikonevents.com/us/live/nikon-school-online/

2. edX

Platform edX juga menawarkan kursus online gratis bagi semua warga dunia. Platform tersebut bekerja sama dengan sejumlah kampus kenamaan dunia seperti Universitas Harvard, Institut Teknologi Massachusetts, Universitas Boston hingga Universitas California, Berkeley.

Ada banyak pilihan kelas kursus online yang bisa diambil seperti programming, ilmu bahasa, hingga desain. Tak hanya menawarkan kursus gratis, ada pula beberapa kursus yang berbayar.

Untuk dapat mendapatkan akses kursus online platform edX bisa mengunjungi laman https://www.edx.org/course

3. Oracle

Oracle menyediakan layanan kursus online secara gratis. Nantinya para peserta juga akan mendapatkan pembelajaran jarak jauh secara online dan ujian sertifikasi

Bagi para pengembang, teknik profesional, arsitek, pelajar hingga profesor bisa mendapatkan akses lebih dari 50 jam kursus online dan 6 ujian sertifikasi.

Kursus online gratis bisa diakses melalui https://www.oracle.com/corporate/blog/free-certifications-oracle-oci-autonomous-033020.html

4. Microsoft

Tak ketinggalan Microsoft juga menyediakan layanan kursus online yang diberi nama Training: Azure 900 fundamentals for education. Para pematerinya diisi oleh para senior Microsoft.

Kursus tersebut terdiri dari lima modul yang akan dipelajari berkaitan dengan komputerisasi Cloud. Untuk mendapatkan layanan gratisnya dapat mengakses di https://info.microsoft.com/US-AzureApp-CATALOG-FY20-05May-12-TrainingAzure900fundamentalsforeducation-SRDEM15957_CatalogDisplayPage.html

5. Google

Tak hanya Microsoft, Google juga menawarkan layanan kursus online yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma. Layanan tersebut diberi nama Google Digital Garage yang menawarkan banyak tema kursus.

Kursus dari Google ini terfokus untuk mengasah kemampuan pemasaran secara digital. Untuk mendapatkan layanan gratis, bisa mengunjungi https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage/courses

6. Coursera

Coursera, platform pembelajaran online ini juga memberikan layanan kursus gratis. Para pengajarnya berasal dari Universitas Pennsylvania hingga Univeritas Stanford.

Ada banyak pilihan kelas yang bisa diambil, mulai dari kelas seputar kesehatan, seni, bisnis dan masih banyak lagi. Kalian bisa segera mengaksesnya di https://www.coursera.org/

7. Speaky

Platform Speaky juga memberikan layanan kursus online secara gratis. Melalui platform ini, kalian bisa belajar berbicara bahasa Inggris secara langsung dengan lawan bicara yang menggunakan bahasa Inggris.

Bagi kalian yang berminat untuk mendapatkan layanan ini bisa mengunjungi laman https://www.speaky.com/ (end)

 

Leave a Reply

shares