SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Sejarah Parlemen di Samarinda : Nazaruddin, Sekwan DPRD Samarinda yang Pertama

Wednesday, 6 March 2019 | 8:54 am | 290 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

 

Oleh : Akhmad Zailani

 

BACA PULA :

Drs  Nazaruddin S,  adalah Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Samarinda yang pertama. Di tahun 1974 baru ada jabatan Sekwan. Sebelumnya baik semasa DPRD Peralihan Kotapraja Samarinda maupun ketika DPRD Gotong Royong,  lembaga perwakilan rakyat di Samarinda yang terbentuk tanggal 22 September 1961  belum ada Sekwan.

Nazaruddin menjabat sebagai Sekwan sebagai realiasasi Undang Undang Nomor 5 tahun 1974 pasal 37 dan pasal 46.

Nazaruddin termasuk muda ketika diangkat sebagai Sekwan. Umurnya ketika itu 34 tahun. Nazaruddin kelahiran Samarinda, 11 Nopember 1941. Dia menjabat Sekwan tahun 1975.

Ketika menjabat Sekwan, latar belakang pendidikan Nazaruddin adalah pendidikan akhir sarjana lengkap jurusan teori dan sejarah IKIP Malang. Berijazah tahun 1970.  Nazaruddin juga sempat kursus penyegaran operation room di Malang tahun 1972, kursus manajemen di Universitas Mulawarman tahun 1975 dan sarjana muda I Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Di bidang organisasi, Nazaruddin semasa sekolah adalah akifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Saat kuliah di Malang, Nazaruddin adalah termasuk pendiri dan pengurus Badan Kontak Organisasi Mahasiswa Malang di tahun 1974. Nazaruddin juga sempat bekerja sebagai anggota Kokarmendagri, sebelum akhirnya kembali ke Samarinda dan diangkat menjadi Sekwan DPRD Samarinda.

 

BACA PULA :

Balikpapan Berusia 122 Tahun ; Sejarah Hari Jadi dan Asal Usul Nama Kota

SEJARAH MEDIA MASSA DAN PENERBITAN DI TERNATE

 

Leave a Reply