Kratom, Tanaman yang Daunnya Bisa Jadi Duit

Tuesday, 8 October 2019 | 4:33 pm | 227 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

oleh :  Akhmad Zailani

 

PAGI-PAGI sekali,  setelah salat subuh hari ini, Selasa (8/10/2019)  sekitar 05.00 an WIB tulisan big bos grup Jawa Pos  Dahlan Iskan, terbit di jaringan medianya se Indonesia.  Judulnya : Tuana Tuha.  

Walaupun judulnya nama salah desa di Kecamatan Kenohan Kabupaten Kuai Kartanegara Kalimantan Timur, namun isinya lebih banyak membicarakan tanaman bermanfaat, yang bisa jadi obat.  

Baca Juga :  TUANA TUHA oleh Dahlan Iskan

Tanaman yang daunnya bisa jadi duit?  Tentu saja, caranya dijual dulu,  baru mendatangkan duit. Bukan berubah dengan sendiri. Tanaman itu namanya Kratom. 

foto ist

 

TUANA TUHA

 

Mungkin karena Dahlan Iskan baru pulang dari Amerika dan diajak temannya ke kebun Krasom, lalu dia ingat tanaman ini  pernah dilihatnya di Tuana Tuha, yang pernah dikunjunginya beberapa puluh tahun lalu, saat dia masih muda.

sebuah desa di pinggiran Sungai Belayan. Foto humas Pemkab Kukar

Menurut Dahlan, 3 hari tiga malam dari Samarinda ke arah hulu mahakam, menuju Tuana Tuha. Sekarang pun sama saja. Bila menyusuri jalan sungai Mahakam, memakai perahu atau kapal.

Tuana Tuha di zaman Dahlan Iskan muda ini tentu saja jauh berbeda dengan Tuana Tuha sekarang. 

Dulu mungkin zaman Dahlan Iskan muda di tahun 1970-1980-an, memang jalan belum mulus, berasap atau dicor beton. 

Jalan dari Samarinda ke Tenggarong sudah mulus. Bila dari Samarinda ke Tenggarong melewati Jembatan, pengganti Jembatan yang pernah runtuh dan memakan banyak korban sekitar 3o an menit. Lalu dari Tenggarong lewat darat menuju Kota Bangun, sebuah kecamatan di Kukar sekitar 3 jam lebih juga, dengan kecepatan sedang.  Dari Kota Bangun lalu naik perahu ces  menuju Tuana Tuha. Bisa melewati Sungai Belayan. Atau lewat Danau Melintang.   Atau bila jalan darat, menuju ke desa Sebelimbingan menuju desa Tuana Tuha.

 

Saya pernah tinggal sekitar 2 tahun di Sebelimbingan, desa di pinggiran Sungai Belayan itu. 

Dulu, sekitar tahun 1997-an.  Dibandingkan dengan Dahlan Iskan, yang pernah menjadi wartawan Tempo perwakilan Kaltim di tahun 1970/1980 an,  Tuana Tuha dan desa-desa sekitar pertumbuhan pembangunannya berjalan lambat. 

Di tahun 2000 itu,  desa-desa di alur Sungai Belayan hanya bisa dijangkau lewat sungai, dengan memakai transportasi perahu tau kapal.  Tidak bisa jalan darat. 

Bahkan, desa-desa di sekitar tidak terhubung dengan jalan darat.  Masyarakatnya kebanyakan bertempat tinggal di dekat pinggiran sungai.  Hanya ada dua pekerjaan utama (halal) yang dilakukan masyarakatnya, sebagai nelayan dan petani. 

Kini, di kecamatan Kota Bangun sudah ada jembatan. Jembatan Martadipura atau dikenal sebagai jembatan Abu Nawas namanya. Jembatan yang diselesaikan  pembangunannya pada 20 Desember 2004 silam . Jembatan yang bisa menghubungkan desa-desa. 

Bila mau menuju ke Tuana Tuha, lewat jembatan ini menuju  desa Sebelimbingan lalu menuju ke desa Tuana Tuha.

 

KRATOM

Di tulisannya, Dahlan Iskan menyebutkan tidak menyangka, Kaltim terkenal di dunia karena adanya tanaman yang berharga mahal.  

foto ist

Untuk bagian tanaman ini telah membuat ratusan penduduknya hidup kian sejahtera, seperti yang disebutkan Dahlan Iskan, saya masih meragukannya, untuk kalimat itu.  

 

Selain karena saya sudah lama tidak ke Tuana Tuha,  juga karena masih belum jelasnya tentang penjualan tanaman obat ini. 

Sebenarnya,  tanaman ini tidak hanya tumbuh di Tuana Tuha atau di sepanjang sungai Belayan saja. Tapi di banyak tempat di Kalimantan.

Di Indonesia, Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat adalah penghasil utama kratom yang dikirim ke Amerika. Di sana, daun kratom kini memjadi primadona baru setelah harga karet turun. Banyak petani yang dulunya menanam sawit dan karet, telah beralih ke tanaman kratom.

Nilai ekonomisnya memang menggiurkan. Menurut laporan AFP, di pasar global, kratom diharga 30 USD per kilogramnya. Ini setara dengan Rp420 ribu dengan kurs Rp14.000/USD.

Dalam sebulan, dari Kalimantan Barat saja sekitar 400 ton daun kratom kering dikirim keluar negeri setiap bulan. Nilainya sekitar 10 juta USD.

Untuk keuntungan ini, saya setuju dengan saran Dahlan Iskan.  Semua obat bisa disalahgunakan. Sebatas masih dalam bentuk herbal mestinya tidak bahaya. Dahlan Iskan juga menyarankan, pemerintah sebaiknya berkonsultasi dengan Asosiasi Kratom Amerika. Agar jelas sejelas-jelasnya: di mana posisi Kratom atau di Kaltim disebut  Kenduma ini. Kampus-kampus ternama juga perlu mengadakan penelitian. Siapa tahu bisa jadi unggulan industri, harapan Dahlan Iskan.

 

Saya juga bisa mengkhayal-khayalkan. Begini ;  ganja, mariyuana bila dijual atau di eskport karena adanya pembeli tentu bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Apalagi bila melibatkan (atau memperbolehkan?) masyarakat menanamnya.  Tapi dilarang untuk memakainya. Maka masyarakat akan sejahtera.

 

Tapi, kratom ini tentu saja bukan tanaman ganja, atau mariyuana. Kratom ini lebih rendah mariyuananya. Tidak usah lah menanam ganja.  Masyarakat menanam dan dibantu pemasaran kratom ke luar negeri, ke Amerika dan beberapa negara lainnya, yang membolehkan penggunanaan kratom ini saja, sudah membuat masyarakat sedikit sejahtera.

Coba scroll mengenai harga yang sudah ditulis di paragraf di atas.  Rp. 420 ribu per kilo! Itu kalau di ekspor ke luar negri. Di dalam negeri sendiri harga perkilonya sekitar Rp 50 hingga Rp 100 ribuan. Dalam bentuk sudah jadi bubuk. Bukan daunnya.

foto ist

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, di Amerika saja, menurut Asosiasi Kratom Amerika, ada lima juta orang Amerika menggunakan obat itu dan jumlahnya terus bertambah, seperti dilansir kantor berita AFP.   Senyawa yang ditemukan di kratom adalah opioid, yang mengekspos pengguna pada risiko kecanduan dan kematian yang sama dengan opiat terlarang,  Itu sebabnya, di Amerika muncul desakan untuk memasukkan kratom sebagai narkoba.

Untuk di Indonesia, sebaiknya untuk komoditi eksport saja. Perlu ada larangan atau aturan hukum yang tegas untuk tidak digunakan bebas. Karena pemakaian yang bebas, bisa menyebabkan kematian. Dan perlu ada penjelasan ke masyarakat, oleh pemerintah melalui instansi teknis, bila masyarakat menggunakannya sebagai  herbal.

 

NARKOTIKA atau BUKAN?

 

Di masyarakat sendiri, khususnya petani dan pengusaha yang mengeskport kratom hingga hari ini masih sedikit bingung. Karena tidak ada aturan yang jelas.  Belum diketahui adanya larangan hukum yang mengatur regulasi kratom. 

Pernah diketahui, ada Permenkes nomor 12 tahun 2009 mencantumkan bahwa kratom salah satu jenis narkotika. Lalu keluar lagi, Permenkes nomor 2 tahun 2017 didalamnya kratom sudah tidak termasuk jenis yang dilarang.

Ketua Asosiasi Kratom Borneo, Suheri petani dan pengusaha Kratom menginginkan ada aturan yang jelas dari pemerintah. Kalau memang sudah dilarang, perlu ada undang-undang yang melarang masyarakat menanam dan menjual daun kratom.

Asosiasi sendiri, kata Suheri  telah melakukan berbagai upaya, agar kratom diatur dengan jelas dalam undang-undang.

Bila sudah jelas aturan hukumnya,  masyarakat atau petani kratom tidak ragu-ragu lagi untuk terus menanam dan menjual daun tersebut. Karena kratom memberi pengaruh besar bagi perekonomian masyarakat di sana.

 

MANFAAT KRATOM

Dikenal juga sebagai daun purik, kratom adalh bagian dari keluarga kopi. Daun ini telah digunakan selama berabad-abad di Asia Tenggara untuk pereda sakit dan sedikit perangsangan.

Dikenal juga sebagai daun purik, kratom adalh bagian dari keluarga kopi. Daun ini telah digunakan selama berabad-abad di Asia Tenggara untuk pereda sakit dan sedikit perangsangan.

Kratom atau daun purik (Mitragyna speciosa Korth) merupakan tanaman tropis yang yang berasal dari Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filiphina) dan Papua Pugini.

Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit seperti diare, pereda nyeri, batuk, darah tinggi, dan lemah syahwat,” paparnya.

Sebagian orang mengunyahnya. Sebagian lain menjadikannya seperti bubuk, dan diseduh seperti orang minum teh.

Kratom dapat membuat seseorang merasa memiliki lebih banyak energi, lebih waspada, dan lebih bahagia.

Bahan aktif utama kratom adalah alkaloid mitraginin dan 7-hydroxymitragynine yang telah terbukti dapat memberikan efek analgesik, anti-inflamasi, atau pelemas otot; sehingga kratom sering digunakan untuk meredakan gejala fibromyalgia. Fibromyalgia adalah intoleransi terhadap stres dan rasa sakit yang biasanya ditandai dengan nyeri pada tubuh, sulit tidur, dan kelelahan.

Di Indonesia, Kartom sendiri sebenarnya sudah diperjual belikan bebas. Coba saja cari kratom  melalui google.  Ada banyak kratom yang dijual dalm berbagai kemasan. Harganya antara Rp 50 ribu hingga Rp. 100 ribuan per kilo.  Ada juga yang dijual per ton harganya sekitar Rp 70 jutaan.

Kasiatnya juga bisa dibaca.  Ini saya cuplikan dari salah satu distributor yang memasarkannya melalui internet. 

.

Kratom Borneo adalah nama lain dari Mitragyna Speciosa atau Daun Puri yang berasal dari desa di pedalaman Kalimantan. Jenis Kratom Borneo dibagi menjadi 4 jenis, yaitu: Vena Merah, Vena Putih, Vena Hijau, dan Tanduk Kratom. Kratom Borneo adalah jenis Obat Herbal yang tersedia dalam bubuk teh dan kapsul.

Efek Kratom ( Khasiat dan Manfaat untuk Kesehatan )

  1. Stimulasi : 

Dalam jumlah kecil, Kratom adalah energi seperti secangkir teh berkafein atau kopi. Energi yang dihasilkan tidak berkorelasi dengan kegelisahan atau peningkatan denyut jantung Anda. Kebanyakan laporan menggambarkannya sebagai energi otak di mana Anda merasa seperti pikiran Anda lebih jelas, Anda mengalami fokus mendalam dan memiliki rasa yang seimbang semangat dan vitalitas.

  1. Meningkatkan Suasana Hati : 

Sebagian besar pengguna mengatakan bahwa Kratom sangat menggembirakan untuk suasana hati Anda dan negara kognitif. Efek lain dari tanaman ini adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan Anda merasa rasa kepuasan yang mendalam dan kesejahteraan. Satu dosis per hari dapat memblokir pikiran negatif dan menempatkan Anda dalam kerangka optimis pikiran di mana apa pun bisa melihat m mungkin. Pada dosis yang lebih besar, Kratom bubuk dapat menghasilkan perasaan yang sangat gembira. Hal ini mungkin hasil dari alkaloid mitragynine yang telah ditemukan untuk menunjukkan kualitas anti-depresan.

  1. Meningkatkan Konsentrasi : 

Efek lain dari Kratom adalah sebagai penguat fokus yang intens atau nootropic a. Strain putih dan hijau dari Kratom sangat efektif untuk menangkal kabut otak dan membantu Anda untuk fokus semua energi mental Anda pada saat ini. Siswa mengatakan itu membuat mereka merasa lebih penuh perhatian ketika duduk di kelas dan suami telah mengatakan itu membantu mereka untuk menjadi lebih perhatian ketika mendengarkan istri mereka. Ada review dari pengguna yang mengatakan itu meningkat Masukkan gejala / ADHD, membuat pikiran lebih jernih dan membuatnya lebih mudah untuk berkonsentrasi saat belajar atau melakukan pekerjaan mental yang sulit.

 

  1. Berpotensi Sebagai penenang : 

Ketika Anda menggunakan dosis yang lebih besar dari daun Kratom atau kapsul, menghasilkan lebih dari efek anxiolytic dan obat penenang. Sementara mendukung suasana hati yang positif, juga dapat menenangkan Anda dan membantu Anda menyingkirkan pikiran Anda dari stres pikiran. Suplemen ini juga dapat mengurangi perasaan gugup dan membantu Anda melepaskan kedua ketegangan mental dan fisik.

5. Analgesik (Mengurangi Rasa Nyeri): 

Mitragyna speciosa telah diusulkan sebagai alternatif yang efektif untuk pembunuh rasa sakit resep yang keras. Ini akan mengaktifkan reseptor mu-opioid seperti morfin obat untuk menghilangkan rasa sakit sementara atau kronis. Telah dilaporkan bekerja untuk kondisi seperti luas sebagai sakit kepala atau migrain, nyeri rematik, nyeri vaskular, nyeri otot serta bahkan rasa sakit kronis yang mungkin resisten terhadap obat lain. Efek dari Kratom juga dilihat sebagai jauh lebih aman dan kurang adiktif dari beberapa obat kuat saat ini diresepkan oleh dokter.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur : 

efek disukai lain dari Kratom adalah bahwa itu adalah salah satu yang terbaik ramuan alami untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dapat berfungsi untuk mematikan pikiran Anda sebelum tidur dan dapat menempatkan Anda ke dalam keadaan tenang yang membuatnya lebih mudah untuk tertidur. Beberapa pengulas mengatakan mereka mengalami lebih mimpi bila menggunakan Kratom sebagai bantuan tidur dan bahwa mereka cenderung untuk bangun merasa lebih segar dan siap untuk pergi keesokan harinya.

7. Mempertinggi Sosialisasi : 

Sebuah produk sampingan lebih lanjut dari penggunaan Kratom adalah bahwa hal itu dapat membuat Anda lebih sosial dan menghilangkan kecemasan ketika bertemu orang asing atau berbicara dengan kelompok besar orang. Ia bahkan bisa meningkatkan kenikmatan Anda dari interaksi sosial sehingga Anda lebih terdorong untuk pergi keluar dan mengambil bagian dalam berbagai kegiatan sosial.

8. Peningkat seksual : 

Ada banyak laporan dari orang yang memakai ekstrak Kratom sebagai aphrodisiacs dan peningkat kinerja seksual. etnobotani ini dapat meningkatkan sensasi gairah dan memungkinkan Anda untuk bertahan lebih lama selama tindakan. Tampaknya untuk bekerja sebagai perangsang seksual baik untuk pria dan wanita. Kadang-kadang mengambil sesedikit 1 gram bubuk Bali Kratom dapat meningkatkan libido Anda sebanyak 12 jam.

9. Meringankan Opiat Penarikan : 

efek Kratom ini mungkin tidak berlaku untuk banyak pembaca kami, tetapi itu adalah salah satu penggunaan cepat berkembang untuk senyawa alami ini. Bagi mereka yang kecanduan opiat atau yang ingin mengurangi kebiasaan opiat mereka tanpa mengalami penarikan, Kratom menawarkan bantuan serius. Dikatakan untuk menutupi efek dari penarikan dari opiat dan obat-obatan terlarang lainnya yang sering ditandai dengan keringat berlebihan, muntah, nyeri otot, insomnia, kecemasan dan diare. Menggunakan daun Kratom, salah satu dapat mengontrol ketergantungan mereka pada obat ini sampai sistem Anda sepenuhnya detoxed. Sejak Kratom tidak adiktif, Anda dapat berhenti menggunakannya tanpa risiko yang sama penarikan.

10. Meningkatkan Kesehatan : 

Kratom telah digunakan selama ratusan tahun oleh budaya Asia Tenggara sebagai ramuan obat. populasi ini telah mengidentifikasi berbagai manfaat kesehatan umum yang terkait dengan Kratom. Ini adalah anti-oksidan kuat yang bahkan telah ditemukan untuk mengurangi kerusakan neuron setelah stroke. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah dan secara alami mengandung alkaloid yang umum digunakan dalam obat-obatan anti-hipertensi. Hal ini juga mengandung Catechin yang dikatakan meniru insulin dan mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Efek lain dari Kratom termasuk sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Akhirnya, beberapa telah ditemukan untuk meningkatkan berat badan dan meningkatkan atletis dengan meningkatkan metabolisme energi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares