Kabut Asap Ganggu penerbangan di SAMS Sepinggan Sempat Lumpuh

Pesawat komersial mendarat di Bandara Syamsudin Noor yamg di selimuti kabut asap di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (11/9/2019).Berdasarkan pernyataan otoritas Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada Selasa (10/9/2019) pagi sebanyak tujuh penerbangan mengalami keterlambatan 1 jam 20 menit akibat kabut asap yang mengakibatkan jarak pandang hanya mencapai 200 meter hingga 400 meter.ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.

 
 

 
 

PT Angkasa Pura I, sebagai operator bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan melaporkan bahwa seluruh 20 jadwalpenerbangan dari dan menuju Balikpapan mengalami pembatalan.

Kondisi itu dengan mempertimbangkan cuaca akibat kabut asap. Hampir separuh atau 10 jadwalpenerbangan yang batal berasal dari Maskapai Wings Air.  

Berdasarkan data AP I, jadwal penerbangan pada Minggu (15/9/2019) terpantau lebih sedikit dengan jumlah total 24 penerbangan dibandingkan pada Sabtu (14/9/2019) sebanyak 37 penerbangan.

Andanina Megasari, Communication and Legal SectionHead Angkasa Pura I mengatakan bahwa selain 20 penerbangan dari dan menujuBalikpapan, terdapat 4 penerbangan dengan rute dialihkan ke bandara alternatif. 

Dia menyebutkan penerbangan dari Jakarta menujuTarakan  oleh Lion Air  dengan kode JT626 mengalami pengalihan ke RONBalikpapan.

Selain itu, penerbangan dari Jakarta menuju Palangkaraya oleh maskapai Garuda Airlines dengan kode GA550 mengalami pengalihan denganpenumpang diturunkan ke terminal. S

Selain itu, penerbangan dari Jakarta ke Samarindadengan maskapai Batik air serta kode penerbangan ID7281 juga dilakukanpengalihan.

Sebanyak 167 penumpang diturunkan ke terminal. Adapun 94 penumpang turundi Balikpapan dan melanjutkan perjalanan darat dengan biaya sendiri. 

“Begitupun dengan penerbangan dari Surabaya menuju Samarinda  dengan kode JT666 Lion Air dialihkan ke Balikpapan dan melanjutkan perjalanan darat ke Samarinda dengan biay asendiri,” jelasnya Minggu (15/9/2019).

Rustam Agus/Anitana Widya PuspaAnitana Widya Puspa/
Ilustrasi foto – ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply