SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Hah! Buah Kundur Bisa Melangsingkan Badan? Ini Manfaat Lainnya

Sunday, 14 July 2019 | 11:10 am | 70 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
PropellerAds
 
Kandungan yang ada di dalam buah kundur membawa banyak manfaat. sumber foto. tokopedia.com
 
 
manfaat-buah-bligo-doktersehat

SUARAKALTIM.COM– Pernahkah Anda mendengar buah kundur? Buah kundur memang agak asing dan tidak setenar buah-buahan lainnya. Namun, siapa sangka jika buah yang asing ini memiliki banyak manfaat mengejutkan. Temukan beberapa manfaat buah kundur melalui penjelasan ini.

Apa itu buah kundur?

Buah kundur adalah jenis buah yang berasal dari daerah tropis dan telah banyak dibudidayakan di beberapa wilayah Asia. Nama botani buah kundur adalah Benincasa hispida.

Hosting Unlimited Indonesia

Kundur juga memiliki nama lain, yaitu beligo, bligo, dan baligo. Ada juga yang mengataka bahwa buah kundur ini adalah labu besar. Buah kundur masih termasuk tanaman dari keluarga Cucurbitaceae.

Meskipun dikenal dengan ‘gelar’ buah, tetapi buah kundur dianggap sebagai sayuran. Daging buah kundur sering dijadikan sup. Ada juga pengolahan buah kundur menjadi manisan, minuman, dan lainnya.

Kandungan buah kundur

Buah kundur atau buah beligo merupakan buah yang kaya akan zat-zat gizi. Buah kundur mengandung zat gizi makro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Tak heran jika di dalam buah kundur terkandung energi.

Di dalam buah kundur juga terdapat kandungan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Buah kundur mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Ada pun beberapa mineral yang dikandung adalah kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium.

Ada pula beberapa jenis vitamin di dalam buah kundur. Vitamin yang ada di dalam buah kundur adalah vitamin larut air, yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin C. Buah kundur kaya akan kandungan air yaitu lebih dari 95%.

Manfaat buah kundur bagi kesehatan tubuh

Kandungan yang ada di dalam buah kundur membawa banyak manfaat. Ada beberapa manfaat buah kundur bagi kesehatan tubuh. Buah yang asing di telinga khalayak ini patut dikonsumsi karena manfaatnya yang banyak.

Hosting Unlimited Indonesia

Apa sajakah manfaat buah kundur bagi kesehatan tubuh? Simak manfaat buah kundur selengkapnya di bawah ini!

1. Menjaga suhu tubuh tetap normal

Suhu lingkungan yang berubah-ubah membuat tubuh harus menyesuaikannya. Asupan cairan yang dikonsumsi membantu metabolisme tubuh agar bisa menjaga suhu tubuh tetap normal.

Buah kundur atau bligo memiliki kandungan air yang sangat melimpah. Kandungan air di dalam buah kundur memiliki manfaat terhadap stabilitas suhu tubuh. Tubuh Anda pun tidak akan menjadi hangat maupun agak dingin.

Anda bisa mengonsumsi buah kundur dalam bentuk sup hangat ketika cuaca sedang agak dingin. Air di dalam buah kundur dan suhu hangat pada sup akan membuat suhu tubuh Anda tetap normal sehingga tidak merasa kedinginan.

2. Mengatasi asma

Manfaat buah kundur bisa mencegah dan mengatasi penyakit asma. Hal ini dikarenakan buah beligo atau buah kundur memiliki kandungan berupa senyawa yang bersifat anti-inflamasi (antiradang).

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi buah kundur dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi Anda yang menderita penyakit diabetes melitus.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah kundur adalah buah yang kaya akan kandungan serat. Tak heran jika dikatakan bahwa manfaat buah kundur bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalam buah kundur dapat melarukan makanan.

Serat pada buah beligo ini juga mampu melancarkan buang air besar. Proses pencernaan cenderung lebih lancar dan tidak ada penumpukan tinja di dalam usus. Orang yang memiliki pencernaan yang sehat akan terhindar dari penyakit kanker usus.

5. Mengobati radang tenggorokan

Apakah Anda pernah menderita radang tenggorokan sebelumnya? Jika ya maka Anda bisa mengonsumsi buah kendur karena manfaat buah kundur bisa mengobati radang tenggorokan. Kandungan senyawa antiinflamasi akan melepas zat yang menyebabkan terjadinya peradangan.

6. Melarutkan vitamin

Tubuh memerlukan berbagai jenis vitamin. Dua di antaranya adalah vitamin larut air, yaitu vitamin B kompleks dan vitamin C. Air diperlukan untuk melarutkan kedua jenis vitamin tersebut.

Apabila konsumsi air putih Anda kurang memadai maka kandungan air di dalam buah kundur dapat membantu melarutkan asupan vitamin B dan vitamin C. Terlebih lagi, di dalam buah beligo atau kundur terdapat kandungan vitamin B dan vitamin C.

7. Menurunkan berat badan

Telah disebutkan sebelumnya bahwa buah kundur memiliki kandungan serat. Secara tidak langsung, ini mengartikan bahwa manfaat buah kundur mampu menurunkan berat badan. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya!

Kandungan serat di dalam buah kundur dapat memperpanjang masa kenyang. Hal ini membuat Anda tidak merasa lapar dan terhindar dari konsumsi berlebih. Manfaat serat pada buah kundur juga dapat menurunkan tingkat penyerapan karbohidrat dan lemak.

Itu membuat tubuh menerima karbohidrat dan lemak yang lebih sedikit daripada yang seharusnya. Belum lagi, kandungan energi buah kundur hanya sedikit. Semua alasan tersebut membuat konsumsi buah kundur secara rutin dapat menurunkan berat badan Anda.

8. Meringankan alergi

Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Anda bisa mengonsumsi buah kundur apabila alergi Anda kumat lagi atau tiba-tiba mengalami alergi. Kandungan senyawa antiinflamasi di dalam buah bligo dapat meringankan reaksi alergi.

9. Mencegah sariawan

Manfaat buah kundur juga dapat mencegah terjadinya sariawan. Buah kundur mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Konsumsi buah kundur dapat membantu kecukupan vitamin C yang mampu mencegah sariawan.

10. Mengatasi gejala osteoporosis

Hampir semua orang tidak ingin menderita osteoporosis dan merasakan gejalanya. Namun, jika osteoporosis telah datang maka konsumsilah buah kundur. Buah kundur mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa meringankan gejala osteoporosis.

11. Penurun demam

Demam itu tidak harus selalu minum obat. Anda bisa mengonsumsi buah kundur. Hal ini dikarenakan buah kundur bisa bertindak sebagai penurun demam. Banyaknya air pada buah kundur akan membuat sering buang air kecil dan mengakibatkan suhu tubuh yang tinggi menjadi turun secara berangsur.

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Setiap orang tentunya ingin selalu sehat dan tidak mudah sakit. Oleh karena itu, konsumsilah buah kundur secara rutin. Manfaat buah kundur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan buah beligo mengandung antioksidan yang ada di dalam vitamin C.

 

Sumber:

  1. Lanny Lingga. 2010. Cerdas Memilih Sayuran; Plus Minus 54 Jenis Sayuran. Jakarta: AgroMedia Pustaka
  2. Alsuhendra, Ridawati, dan Intan M. Pengaruh Proses Ekstraksi Terhadap Nilai Ph,
    Kandungan Kalium, Dan Daya Terima Sari Buah Bligo (Benincasa Hispida). Universitas Negeri Jakarta. http://repository.ut.ac.id/2345/1/alsuhendra2014.pdf [diakses pada 13 Februari 2019] doktersehat.com
Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply