Header Image

CEK FAKTA: Benarkah Ariel Noah Jadi Relawan Medis Tangani Pasien Corona?

CEK FAKTA: Benarkah Ariel Noah Jadi Relawan Medis Tangani Pasien Corona?

Hoax Ariel Noah jadi relawan petugas medis. (Turnbackhoax.id)

Ariel terpotret mengenakan jas putih dan bermasker di sebuah ruangan kaca.

 

Suara.com – Beredar kabar bahwa Nazril Ilrham atau Ariel Noah menjadi relawan tenaga kesehatan untuk membantu menangani pasien covid-19.

Kabar tersebut dimuat dalam salah satu artikel media online berjudul “Perawat Pasien Corona Histeris Ariel Noah Jadi Relawan Tenaga Medis” yang dimuat pada Rabu, (15/4/2020).

Artikel tersebut dilengkapi dengan potret Ariel Noah mengenakan jas putih bertuliskan dr.Nazril Irham lengkap dengan masker di wajahnya.

Hoax Ariel Noah jadi relawan petugas medis. (Turnbackhoax.id)
Hoax Ariel Noah jadi relawan petugas medis. (Turnbackhoax.id)

Lantas, benarkah Ariel Noah terjun mejadi relawan petugas medis untuk membantu menangani pasien corona?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com melalui Google Image mengenai foto Ariel menunjuk pada sebuah video yang diunggah ke kanal YouTube Pucuk Ilmu pada Desember 2019.

Akun Instagram snurjanah131187 juga mengunggah foto dirinya dengan Ariel dalam waktu yang bersamaan pada 17 Desember 2017 dengan menuliskan,

 

“With @arielnoah hari ini visit ke pabbrik. Udah ngefans dari jaman sekolah kan. Akhirnya bisa foto thanks babang Ariel #instagram #instalike #ariel #arielnoah #arielnoahfans.”

Kedua unggahan tersebut menunjukkan bahwa Ariel Noah tengah berkunjung ke PT Cedefindo, sebuah pabrik kosmetik bagian dari Martha Tilaar Group.

 

Penelusuran tersebut melampirkan fakta bahwa foto yang beredar bukan lah Ariel Noah yang tengah menjadi relawan petugas medis.

Ariel Noah tengah berada di pabrik kosmetik pada Desember 2019. (YouTube/Pucuk Ilmu)
Ariel Noah tengah berada di pabrik kosmetik pada Desember 2019. (YouTube/Pucuk Ilmu)

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kabar mengenai Ariel Noah menjadi relawan petugas medis untuk menangani corona adalah kabar palsu atau hoax. Kabar yang dimuat dalam artikel ini termasuk ke dalam kategori konten yang salah karena menunjukkan informasi yang tidak faktual.

 

 

 

Reza/suara.com

Leave a Reply

shares