SUARA KALTIM
SUARA KALTIM SUARA KALTIM

IPB Resmi sebagai Lokasi Hokkaido University Liaison Office

Wednesday, 24 January 2018 | 9:17 am | 528 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr  Arif Satria, dan Dean of Research Faculty of Agriculture Hokkaido University, Prof Atsushi Yokota, meresmikan Hokkaido University Liaison Office in Indonesia yang berlokasi di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Selasa  (23/1). Peresmian dihadiri oleh perwakilan Kedutaan Besar Jepang, pimpinan Hokkaido University, para alumni, dan representative Hokkaido University asal Indonesia.

Prof Atsushi Yokota menyampaikan,   pendirian Liaison Office Hokkaido University di Indonesia selain dapat memudahkan mahasiswa kedua negara untuk student exchange, juga mengingat saat ini jumlah minat pelajar Indonesia ke Hokkaido University meningkat sekira sepuluh persen.

“Jumlah pelajar Indonesia yang kuliah di Hokkaido University terbesar ke-3 di antara perguruan tinggi lain di Jepang. Selain di Indonesia, Liaison Office juga ada yang berkantor di Thailand,” ujar Prof  Atsushi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (23/1).

Perwakilan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Ryo Nakamura, mengatakan saat ini banyak pelajar Indonesia yang kuliah di Jepang. Juga tidak sedikit orang Jepang yang ingin kuliah di Indonesia.

Liaison Office berdiri dalam rangka promosi student exchange. Ia mengatakan, IPB menjadi salah satu perguruan tinggi yang terpilih karena IPB merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang fokus terhadap pertanian, sehingga akan banyak mahasiswa berbakat berada di kampus ini. “Momentum kerja sama ini juga dapat menjadi ajang pertukaran riset Jepang dan Indonesia,” kata Ryo Nakamura.

Sementara itu, Rektor IPB menyampaikan adanya kantor penghubung atau Liaison Office ini merupakan kesempatan yang baik bagi IPB. Menurutnya, ini merupakan bagian dari rencana strategi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Karena itu, rektor mengucapkan terima kasih IPB telah dipercaya menjadi tempat berdirinya Liaison Office.

“Keberadaan kantor ini sangat penting untuk mempromosikan alumni-alumni IPB khususnya dan Indonesia umumnya yang akan kuliah di Hokkaido University. Selain itu, alumni IPB yang akan menjadi seorang sociopreneur dapat memiliki pengalaman di lapangan, juga mendapat kompetensi dan pengalaman internasional. Juga dapat mendorong mahasiswa Jepang untuk kuliah di Indonesia. Seperti diketahui bersama bahwa IPB sudah termasuk ke dalam 61 QS University Ranking by Subject Agriculture. Selain itu dapat mempromosikan berbagai aktivitas untuk kedua negara,” papar rektor.

Selama dua hari (23-24/1) akan dilangsungkan Studium Generale yang dihadiri tak kurang dari 300 peserta dari Hokkaido University Representative & Partners, yaitu IPB, Institut Teknologi Bandung (ITB), Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Brawijaya (UB), Swiss German University (SGU). Juga turut hadir para alumni Hokkaido University dan mahasiswa IPB.

 

sumber: http://republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/18/01/24/p31a0c374-ipb-resmi-sebagai-lokasi-hokkaido-university-liaison-office

Leave a Reply