SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Kalimat dari Buya Hamka yang Melegenda

Tuesday, 19 February 2019 | 6:19 am | 117 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
PropellerAds

Foto Kutipan Buya Hamka/kiblat.net

JAKARTA, www.suarakaltim.com – “Jika diam saat agamamu dihina, gantilah bajumu dengan kain kafan.”

Hosting Unlimited Indonesia

Kalimat legenda Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah di atas kembali tersiar ketika kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama menimbulkan polemik pada 2016 silam.

Dalam Pameran 111 Tahun Buya Hamka yang digelar di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta Selatan, kutipan itu tertuang dalam kanvas A4 yang memuat gambar Buya Hamka berlatar putih.

Kepala Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Jakarta Chandra Yhudangkara mengungkapkan kutipan yang ditampilkan dalam pameran ini disadur dari karya literasi Buya Hamka. Tadinya ada 50 kutipan, namun oleh panitia kembali diseleksi dan dipilih yang terbaik untuk dipublikasikan.

“Banyak kutipan Buya Hamka misalnya ‘jika kerja hanya kerja, kera juga bisa bekerja’, itu tidak kita angkat disini karena menurut kami itu sudah banyak orang tau. Yang kita angkat disini ada yang saya pribadi pun baru tau,” ujar Chandra.

Panitia mengumpulkan kutipan kutipan itu secara kolektif, dari buku-buku klasik dan literasi kuno Buya Hamka. Keseluruhan kutipan yang ditampilkan, menurut Chandra, valid bersumber dari Buya Hamka. Sebelum dipublikasikan ada tim khusus untuk mengecek kembali apakah itu benar kutipan Buya Hamka.

“Kita buka literasi kuno dan kita kutip yang menurut kita bagus, dan memberi nasihat, baru kita angkat di konten pameran ini,” ujarnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Kutipan-kutipan itu tertuang dalam berbagai medium. Ada yang dituliskan dalam kanvas bergambar dari lukisan cat air, sebagian ditulis menggunakan ilustrasi komputer. Selain kutipan, pameran juga diisi dengan timeline kehidupan Buya Hamka, pameran buku-buku lawas karya Buya Hamka.

“Kita klasifikasikan berdasarkan kutipan seperti aqidah, politis, keluarga, atau sosok ayah dari Buya Hamka,” ujar Chandra.

Sedikitnya 14 karya desain dikirimkan ilustrator dari Jakarta maupun luar jakarta. Termasuk karya ilustrator DC dan Marvel, Ardyansah.

Sebanyak 28 kutipan Buya Hamka ditampilkan dalam pamerna itu. Berikut beberapa kalimat dari Buya Hamka yang melegenda;

1. “Jangan Takut Gagal ! Karena yang tak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tak pernah melangkah”.

 

 

2. “Jika hati senantiasa berniat baik, Allah akan pertemukan kita dengan hal yang biak, orang orang baik, atau setidaknya peluang dan kesempatan untuk bisa berbuat baik, maka isi hati kita dengan prasangka baik, harapan baik, keinginan baik, dan tekan untuk menjadi lebih baik”.

 

3. “Peluang yang besar, itu datang secara tiba-tiba, datang tidak menentu masa, datang disaat kita kesusahan, nilailah dengan bijaksana, rebutlah peluang yang besar itu”.

 

4. “Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu”

5. “Aku hanya orang kecil apa dayaku kekayaanku hanya satu, dik hati. hati yang luas tak bertepi, cinta yang dalam tak terajuk”.

 

6. “Oleh sebab itu maka bertambah tinggi perjalanan akal, bertambah banyak alat pengetahuan yang dipakai, pada akhirnya bertambah tinggi pulalah martabat iman dan Islam seseorang”.

 

7. “Selama dua tahun empat bulan saya ditahan, saya merasa itu semua merupakan anugerah yang tiada terhingga dari Allah kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan kitab tafsir Alquran 30 juz.”

 

8. “Tuhan menilai apa yang kita beri dengan melihat apa yang kita simpan.”

 Muhammad Jundii/kiblat.net

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply