SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Timnas Indonesia U-22 Juara Piala AFF 2019, Menang 2-1 Lawan Thailand

Tuesday, 26 February 2019 | 10:07 pm | 126 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
PropellerAds

 

Syaiful Rachman
 

Pemain Timnas U-22 Osvaldo Ardiles Haay (tengah) beraksi bersama rekannya setelah membobol gawang Thailand dalam pertandingan Final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
 

www.suarakaltim.com– Timnas Indonesia U-22 berhasil menjuarai Piala AFF U-22 2019. Menghadapi Thailand di final yang berlangsung di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019), Indonesia menang tipis 2-1.

Hosting Unlimited Indonesia

Thailand unggul lebih dulu di babak kedua, sebelum akhirnya Sani Rizki dan Osvaldo membalikkan keadaan sekaligus memastikan gelar juara bagi Garuda Muda.

Jalannya Pertandingan

Menghadapi Thailand di final Piala AFF U-22, timnas Indonesia langsung menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Lima menit bola bergulir di babak pertama, peluang emas didapat Garuda Muda.

Lolos dari kawalan, Witan melepaskan umpan silang ke depan gawang. Marinus yang dituju gagal menjangkau bola, namun masih ada Osvaldo yang bisa mendekat bebas. Sayang, peluang tersebut kandas, bola yang sudah berada di garis gawang berhasil diamankan Korraphat.

Di menit 18, tendangan penjuru yang didapat Thailand nyaris berbuah gol. Beruntung bola yang dilepaskan Jaroensak dari depan gawang berhasil dibendung oleh Firza dengan menggunakan dada.

Umpan-umpan para pemain Indonesia yang sering meleset membuat Thailand makin nyaman mengembangkan permainan. Berulang kali tekanan berhasil dilancarkan Thailand, khususnya dari sisi kanan lapangan.

Hosting Unlimited Indonesia

Memasuki menit 28, kemelut terjadi di depan gawang Thailand. Perebutan bola terjadi dari kaki ke kaki hingga akhirnya bola liar jatuh ke kaki Gian Zola. Akan tetapi, pemain kelahiran Bandung itu gagal memanfaatkan momen setelah tembakannya melambung di atas gawang lawan.

Enam menit berselang, peluang kembali didapat Indonesia. Berawal dari pergerakan Asnawi yang merangsek ke jantung pertahanan Thailand, bola disodorkan ke Witan yang berada di sisi kiri gawang. Sayang sepakan Witan masih terlalu lemah dan bola dengan mudah diamankan Korraphat.

Aksi Witan kembali membahayakan gawang lawan di menit 39. Namun lagi-lagi peluang tersebut kandas, Korraphat berhasil menangkap bola yang dilepaskan Witan dari luar kotak penalti ke sudut atas kanan gawang. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

12 menit bola bergulir di babak kedua, tepatnya di menit 57, papan skor berubah. Timnas Indonesia tertinggal satu gol setelah tandukkan Saringkan Promsupa tak mampu dihentikan oleh Awan Setho.

Namun keunggulan Thailand hanya bertahan selama dua menit. Memasuki menit 59, Sani Rizki Fauzi berhasil menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1 setelah bola yang dilepaskannya mengenai Ballini dan berbelok arah. Membuat Korraphat mati langkah.

Skor imbang, anak-anak asuh Indra Sjafri makin trengginas melancarkan tekanan. Alhasil, kedudukan pun berbalik di menit 64.

Menyambut tendangan bebas Luthfi, lewat tandukkannya Osvaldo mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Atmosfer pertandingan kian memanas. Mencari gol penyeimbang, Thailand semakin agresif. Pelanggaran keras pun terjadi, Nurhidayat terpaksa menjatuhkan pemain lawan sehingga diganjar kartu kuning.

Tendangan bebas yang dilepaskan Jedsadakorn di menit 68 nyaris mengubah kembali papan skor. Untuk bagi Garuda Muda, bola yang mengarah ke tiang jauh berhasil dijangkau oleh Awan Setho.

Indra Sjafri pun melakukan perubahan di menit 71. Witan ditarik keluar, digantikan Rachmat Irianto..

Serangan balik cepat yang dibangun Sani Rizki di menit 83 membuat barisan pertahanan Thailand kocar-kacir. Sayang, umpan kepada Osvaldo terlalu deras dan bola dengan mudah diamankan Korraphat.

Di menit 88, Osvaldo berpeluang membawa Garuda Muda menjauh. Berhadapan satu lawan satu dengan Korraphat, Osvaldo gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Satu menit jelang berakhirnya waktu normal pertandingan, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Bagas Adi diusir keluar lapangan.

Akan tetapi, keunggulan jumlah pemain di waktu yang sangat singkat gagal dimanfaatkan Thailand. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Susunan Pemain:
Timnas Indonesia U-22: Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Bagas Adi, Firza Andika; Gian Zola, Sani Fauzi, Luthfi Kamal; Witan Sulaeman, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay.

Timnas Thailand U-22: Korraphat Nareechan; Kritsada Nontharat, Chatchai Saengdao, Marko Ballini, Saringkan Promsupa, Kittipong Sansanit; Patcharapol Intanee, Tanpisit Khukhalamo, Sakunchai Saengthopho; Jaroensak Wonggorn, Jedadakorn Kowngam.

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply