SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

SEKOLAH JURNALISTIK SUARAKALTIM.com

Monday, 12 February 2018 | 9:18 am | 147 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
PropellerAds

 

oleh : Sulthan Abiyyurizky

Hosting Unlimited Indonesia

Suarakaltim.com  adalah sekolah untuk belajar menulis, terutama menulis berita atau tulisan apa saja tentang peristiwa penting dan menarik. 

Siapa saja boleh bergabung dan menjadi “wartawan” di suarakaltim.com. Ada peristiwa, silahkan tulis,  kalau bisa sekarang,jangan tunggu nanti atau besok.

Para wartawan yang bergabung (dan belajar) di suarakaltim.com  saat ini mulai dari seumuran SD kelas 6 (dan masih sekolah) sampai  yang baru masuk kuliah.  Ada juga sih kai-kai, seumuran 70-an (pensiunan PNS), namun statusnya masih magang. Magang karena baru bisa menggunakan  telpon seluler android. Nah, kai  ini masih diajari cara mengitik  berita, peristiwa (penting & menarik) lewat HP.  Jadi harap maklum.

Bahkan, asal tau saja, pimpinan redaksi (pimred) suarakaltim.com, Sulthan Abbiyurizky   adalah termasuk pimred termuda di dunia. Baru masuk kuliah. Baru 17 tahun. Baru dapat e-KTP.  

Selain Pimred yang masih muda usia. Juga ada  redakturnya yang  berumur jalan 16 tahun. Belum ada KTP. Baru kelas 2 SMAN 10 Unggulan di Samarinda.

Makanya itu,  saya bilangin Kepala Suku suarakaltim.com, yang juga penanggungjawab, untuk bersabar.  Karena semuanya perlu belajar. Jangan marah-marah. Nanti stroke. Selow aja.  Karena pekerjaan utama pimred adalah kuliah. Di jurusan tehnik geodesi di Malang.

Hosting Unlimited Indonesia

Oleh sebab itu jadikanlah suarakaltim.com ini “hanya” sebuah “sekolah” atau “kampus”. Ada berita, kirim. Bila mood (suasana hati) lagi enak,  maka menulis lah.  Kalau tidak ada?  Tidur. Eh, kerjakan pekerjaan yang lain.  

Di sekolah jurnalistik suarakaltim.com ini diajari, bagaimana menulis berita, yang paling tidak “tidak terlalu jauh” melenceng dari kode etik jurnalistik.

Sama seperti  “sekolahan” atau “kuliahan” umumnya, di di suarakaltim.com ini  “jurusannya” bermacam-macam. Ada politik, ekonomi dan bisnis,  pendidikan, kesehatan, hukum, agama dan lain sebagainya. Diharapkan-walaupun tak ada gelar/titel dan ijazah—tidak kalah dengan mereka yang bergelar Ssos, SE, SPd, dokter, SH, S.Ag dan lain sebagainya.

Di mana ruang kelasnya?

Kelasnya di mana saja. Duduknya di mana saja.  Di WC juga boleh.  Asal ada jaringan internetnya, maka jadilah. 

Jadi bila ada info menarik dan penting, tulis dan silahkan kirim untuk sementara ke email kepala suku suarakaltim.com  : akhmadzailani@suarakaltim.com. Bila sudah dikirim, beritahu ke WA 0812 7777 6690.  Atau SMS. Tak perlu calling.  Karena siapa tahu kepala suku lagi tidur. 

Demikianlah.

Salam.

 

Pemimpin Redaksi

 

*sorry numpang di kolom Kepala Suku

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply