Kaltim Nomor Lima Pengguna Narkoba Tertinggi, Kalangan Inilah Paling Banyak Pemakainya

Tuesday, 1 January 2019 | 11:00 am | 303 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                     

Diterbitkan prokal.co.id, Selasa, 01 Januari 2019 09:14

 
Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono saat jumpa pers akhir tahun 2018 (foto prokal.co.id)
 

PROKAL.CO, SAMARINDA-  Provinsi Kalimantan Timur menduduki ranking lima peredaran narkoba tertinggi di Indonesia pada tahun 2018. Ranking ini turun dari sebelumnya menduduki ranking tiga. 

“Dari 34 provinsi di Indonesia, Kaltim menempati di ranking 5. Kita alami penurunan ranking dari sebelumnya di nomor 3. Ini dari draft penelitian LIPI Universitas Indonesia dan BNN yang hasilnya belum disampaikan,” kata Kepala BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Kaltim, Brigjen Pol Raja Haryono, Senin (31/12/2018) menggelar jumpa pers akhir tahun di kantornya. 

Kemudian, dari pervalensi (jumlah pengguna dihubungkan jumlah populasi) narkoba, Kaltim juga alami penurunan dari sebelumnya 2,1 menjadi 2. Sedangkan, angka nasional pervalensi lebih rendah 1,7 dibanding Kaltim. 

Sepanjang tahun 2018, BNNP Kaltim telah memproses 115 tersangka untuk diajukan ke penuntutan di Pengadian. Dengan barang bukti paling banyak narkoba jenis sabu-sabu. 

“Di tahun 2018, pengguna dan pengedar narkoba lebih banyak dari kalangan pekerja. Disusul oleh pelajar dan mahasiswa,” jelas Raja.

Raja mengungkapkan kalangan pelajar dan mahasiswa sebenarnya sudah tahu bahaya narkoba, yang bisa merusak organ tubuh dan saraf. Namun, mereka tetap saja mau menggunakan narkoba karena gratis. 

“Para pelajar dan mahasiswa juga lebih banyak mau menerima informasi bahaya narkoba dari media sosial. Untuk itu, BNNP dengan jajarannya dan bantuan media pers kita inginkan gencar sampaikan info lewat media sosial,” kata Raja. (mym).

SUMBER BERITA ASLINYA

Related Post

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares