Header Image

Jokowi: Selain 191 Ribu Km Jalan Desa, Dana Desa Juga Sudah Bangun 24 Ribu Posyandu

Jokowi: Selain 191 Ribu Km Jalan Desa, Dana Desa Juga Sudah Bangun 24 Ribu Posyandu

JAKARTAwww.suarakaltim.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dana desa berhasil membangun sejumlah infrastruktur mulai dari jalan desa hingga pos pelayanan terpadu (posyandu).

Selama masa pemerintahannya, dana desa telah memberikan banyak manfaat. “Selama empat tahun ke belakang, dana desa yang dikucurkan untuk sekitar 74.900 desa di seluruh Indonesia, telah menghasilkan sejumlah infrastruktur desa. 

“Di antaranya, jalan desa sepanjang 191.000 kilometer, 58.000 unit irigasi, 8.900 pasar desa, hingga 24.000 posyandu,” sebut Jokowi di Instragam pada akun Jokowi, Jumat (22/2/2019).

Baca Juga:
 
 

Jokowi menambahkan, sasaran dana desa ke depan bukan lagi untuk insfrastruktur. Menurutnya, dana yang dikucurkan selanjutnya akan digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. 

“Bagaimana selanjutnya? Di depan para penyelenggara pemerintahan desa di Ancol, Jakarta, kemarin saya sampaikan bahwa setelah fisik infrastruktur kita jalankan, Program Dana Desa ke depan akan digeser sedikit ke pemberdayaan ekonomi desa,” jelasnya.

Jokowi melanjutkan, pemberdayaan ekonomi desa nantinya akan disesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa. “Desa yang memiliki pemandangan alam maupun objek wisata yang indah, dapat menggarap keunggulan itu untuk penghasilan desa itu sendiri,” pungkasnya.

Leave a Reply

shares