Di Bolivia Wali Kota Dipasung Gara-Gara Tak Penuhi Janji Kampanye

Friday, 9 March 2018 | 7:09 pm | 186 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

SAN BUENAVENTURA,SUARAKALTIM.com – Begini jadinya jika kepala daerah tak memenuhi janjinya kepada rakyat saat kampanye, dia dipasung warga. Peristiwa ini terjadi di Kota San Buenaventura, Bolivia.

Warga memasung Wali Kota Javier Delgado di kayu sebagai ganjaran dia tak memimpin dengan benar. Mereka menyebut hukuman ini dengan sanksi sosial.

Meski hanya dipasung 1 jam, warga menganggap hukuman itu cukup untuk menunjukkan bahwa mereka tidak main-main dengan pemimpin yang berkhianat.

Foto Wali Kota Javier Delgado saat dipasung. (Foto: Radio Fides)

Foto-foto Delgado dipasung dengan posisi terduduk di tanah dan kaki kanannya dijerat di kayu beredar dan menjadi viral. Peristiwa ini terjadi pada akhir Februari lalu.

Kepada stasiun Radio Fides, Delgado mengaku dia dihukum karena tidak memenuhi janji kepada pemilihnya. Selain itu dia berbohong serta tak memprioritaskan warga saat ingin bertemu.

“Saya satu-satunya dari sedikit orang di negara ini yang menjadi sasaran hukuman tradisonal,” katanya.

Foto Wali Kota Javier Delgado (Foto: Erbol)

Ternyata ini bukan kali pertama Delgado mendapat sanksi sosial, melainkan yang ketiga, sejak menjadi wali kota 2,5 tahun lalu. Dia pertama kali dipasung saat baru beberapa bulan dilantik.

Hukuman kedua, warga menduduki kantornya selama 2 bulan dan tidak mengizinkan Delgado masuk.

Karena khawatir akan keselamatannya, saat itu dia melarikan diri ke kota sebelah. Konflik itu akhirnya berakhir setelah ada pihak ketiga yang mendamaikan.

Warga Kota San Buenaventura mendesak seseorang meneken semacam kontrak politik jika ingin dipilih sebagai wali kota. Ada tiga poin yang harus dipenuhi, yakni tidak malas, jangan menjadi pembohong, dan jangan menjadi pencuri.

 

Foto: Doc. Radio Fides

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares