Header Image

Antisipasi Persiapan Tes CPNS, Coba Cek Ijazah Kemeristekdikti

Antisipasi Persiapan Tes CPNS, Coba Cek Ijazah Kemeristekdikti

 
  www.suarakaltim.com-RENCANANYA akan ada penerimaan seleksi CPNS yang dalam waktu dekat akan dibuka oleh setiap Kementrian.  Bagi yang ingin ikut tes mencoba peruntungan; siapa tahu lulus.  Sebelumnya perlu persiapan awal.  Ijazah perlu dicek apakah sudah terdaftar di Forlap Dikti. Karena di daerah lain ada yang terkendala masalah saat mencoba mengikuti seleksi CPNS,  saat buka situs Forlap Dikti tak bisa diakses,  ketika memasukkan NIM-nya semasa kuliah. Masalahnya, belum ada Penomoran Ijazah Nasional (PIN) untuk mendaftar CPNS.

Seperti kejadian di beberapa daerah. Ada yang baru tahu jika ijazahnya belum ada PIN. Setelah tahu  ijazah kami belum ada PIN,  lantas banyak alumni yang mendatangi kampus  untuk memastikan hal itu. Apakah masih bisa mendapatkan nomor atau tidak bisa diurus lagi.

Sebelumnya, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dalam waktu dekat akan segera membuka pendaftaran CPNS.

Jauh-jauh hari, BKN sudah mengingatkan kepada calon pendaftar untuk memastikan NIK dan KK terdaftar di database Nasional.

Begitu juga dengan kelengkapan administrasi lainnya, seperti ijazah harus terdaftar di Kemenristek Dikti.

BACA JUGA  Horee, 2019 Gaji PNS/ASN Naik & Lihat Pula “Undas” PNS Cantik

Nah Ini dia, Instansi Pemerintah yang Tunjangan Kinerjanya Tinggi

 

Cara Cek

Untuk menghentikan munculnya ijazah palsu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi mengambil langkah serius dengan penomoran verifikasi ijazah secara elektronik.

Menristekdikti, Mohamad Nasir, mengatakan, untuk menangkal ijazah palsu yaitu memberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil).

SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Manfaat lain dari layanan yang dapat diakses secara langsung oleh masyarakat ini adalah dapat digunakan untuk mengecek ijazah melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor yang terdapat pada ijazah.

Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online.

Cara Mengecek Keaslian Ijazah Melalui SIVIL

1. Klik tautan http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/

2. Cari Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah dengan cara tulis Kata Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya

3. Tulis nomor Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional).

4. Lalui pengaman dengan menjawab pertanyaan yang ditampikan.

Jika nomor ijazah Anda terdaftar dipangkalan dikti maka akan keluar data diri Anda, jika tidak maka akan keluar informasi

“Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan”. Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah dengan alasan kerahasiaan.  sk-006/bangkapos.com

Leave a Reply

shares