Anies Baswedan Jadi Sasaran Hoax Lagi, Dikabarkan Semua Fraksi Siap Mencopot

Suara Kaltim-  Anies Baswedan menjadi sasaran hoax lagi. Diawali kritik dari ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur atas penanganan Covid-19, kini muncul kabar ngawur bahwa parpol pendukung Anies sudah berbalik arah. Bahkan disebutkan seluruh fraksi sepakat mencopot Anies.

Kabar palsu itu menyebar dalam bentuk tangkapan gambar thumbnail video dari YouTube. Isinya gabungan foto Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Presiden Joko Widodo dan Anies Baswedan sedang menandatangani sebuah berkas. Ada juga tulisan besar berbunyi, Akhirnya Gerindra Balik Arah, Semua Fraksi Sepakat Copot Anies (bit.do/SepakatCopotAnies).

Thumbnail atau preview video itu ternyata berasal dari kanal SKEMA POLITIK. Diunggah pada 25 Januari 2021 dengan judul, Semua Fraksi Sepakat Copot Anies, Jokowi Beri Restu !? ~ Berita Terbaru. Judul itu memberikan kesan bahwa Anies tak lagi punya pendukung di DPRD DKI Jakarta. Bahkan, semua fraksi sepakat mencopotnya dari jabatan gubernur.

Namun, jika mendengar seluruh percakapan dalam pidato itu, tidak ada satu pun kalimat yang membahas pencopotan Anies dari jabatan gubernur DKI Jakarta. Isinya hanya potongan rekaman wawancara Anies Baswedan dan potongan pidato Presiden Jokowi. Narasi yang dibacakan pengisi suara dalam video itu juga tidak menyebut adanya kesepakatan pencopotan Anies. Anda bisa melihatnya di bit.do/KanalSkemaPolitik.

Apa yang dibacakan pengisi suara video itu sebenarnya diambil dari portal online netralnews.com. Portal tersebut merangkum sejumlah tanggapan dari beberapa tokoh atas komentar Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis yang meminta Anies Baswedan mundur.

Dalam ulasan itu juga tidak ada satu pun pernyataan resmi bahwa semua fraksi di DPRD DKI Jakarta telah menyepakati pencopotan Anies. Apalagi mendapat restu dari Presiden Jokowi. Anda bisa membacanya di bit.do/TanggapanTokoh.

Sementara itu, kolase foto yang dipasang sebagai thumbnail video juga tidak terkait dengan isu pencopotan Anies. Misalnya, foto Prabowo bersama Jokowi. Foto itu diabadikan pada Oktober 2017 ketika mereka menghadiri pelantikan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Begitu juga foto Anies Baswedan yang menandatangani berkas. Foto itu diabadikan saat penandatanganan nota kesepahaman rancangan KUA-PPAS DKI 2020 di DPRD DKI, Jakarta, November 2019. Anda dapat melihatnya di bit.do/RapatParipurna2019.

FAKTA

Tidak ada satu pun pernyataan dalam video itu bahwa seluruh fraksi di DPRD DKI Jakarta sepakat mencopot Anies Baswedan dari jabatan gubernur.

Dhimas Ginanjar/jawapos

Editor : Adella Azizah Maharani

 

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares