Ditemukan Lafadz Allah Dalam Makam Kuno Viking

Suara Kaltim – Hubungan antara Islam dan Viking telah lama dipelajari oleh para ahli sejarah. Kini banyak dari para ahli semakin banyak menemukan bukti adanya hubungan antara keduanya, khususnya setelah ditemukan cincin Viking berukiran Allah hingga sebuah pakaian pada makam kuno Viking yang memiliki simbol Allah  dalam bentuk karakter Kufik.

Para arkeolog dari Universitas Uppsala menemukan sebuah pakaian sutra dengan karakter Kufik bertuliskan Allah dan Ali pada sebuah pemakaman kuno Viking di kota Birka, kota sejarah Viking di Swedia. Kufik sendiri adalah salah satu gaya kaligrafi Arab yang paling tua asal kota Kufah Irak, seperti dikutip dari Daily Sabah dalam terbitan Sabtu (7/10) akhir pekan kemarin.

“Para Viking mungkin mendapat pengaruh dari Islam dalam ide mereka mengenai kehidupan abadi setelah kematian,” ujar Annika Larsson, peneliti arkeologi tekstil di Universitas Uppsala, dilansir dari Daily Sabah.

Annika melanjutkan, “Dalam Al-Qur’an, dituliskan bahwa para penghuni surga akan mengenakan pakaian dari sutra yang bisa jadi salah satu penjelasan mengenai banyaknya sutra yang ditemukan di makam-makam kuno Viking.”



Karakter Kufik yang sama juga banyak ditemukan pada mosaik di monumen pemakaman kuno dan mausoleum, terutama yang berada di Asia Tengah, tulis Universitas Uppsala pada laporannya.

Sebelumnya pada tahun 2015, peneliti Swedia asal Universitas Stockholm juga berhasil menemukan sebuah cincin yang diperkirakan dari abad ke-9 di sebuah makam Viking dengan sebuah ukiran yang bertuliskan “Untuk Allah” dalam karakter Kufik. (DS/Ram)

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares