Header Image

24 Media Online Kolaborasi Cek Fakta Debat Capres Kedua Malam Ini

24 Media Online Kolaborasi Cek Fakta Debat Capres Kedua Malam Ini

 

    • Para jurnalis melakukan cek fakta Debat Capres putaran dua di Jakarta, 17 Februari 2019
      Para jurnalis melakukan cek fakta Debat Capres putaran dua di Jakarta, 17 Februari 2019  VIVA / Renne

Program ini diprakarsai Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Mafindo dan Google News Initiative

www.suarakaltim.com – 24 media online di Indonesia bakal bergotong royong bersama Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Mereka akan kolaborasi dalam program ‘Live Factchecking’ cekfakta.com pada debat capres kedua yang digelar Minggu (17/2/2019) malam INI di Hotel Sultan, Jakarta.

Program ini diprakarsai oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Mafindo dan Google News Initiative. Sejumlah perwakilan jurnalis dari 17 media online ini akan berkolaborasi melakukan cek fakta debat yang mengambil tema infrastruktur, energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup di war room kantor Google Indonesia.

Beberapa media arus utama yang mengikuti program ini di antaranya adalah VIVA.co.id, Kompas.com, Tempo.co, Suara.com, Liputan6.com, Merdeka.com, KBR.id, TheJakartaPost, KONTAN, Media Indonesia (Medcom), Times Indonesia, The Conversation dan beberapa media lokal seperti Kabar Medan, Kabar Makassar dan RiauOnline.

“Saya kira ini adalah sejarah,” kata Irene Jay Liu, Leads Google News Lab in the Asia-Pacific region, Sabtu (16/2/2019).

Irene merujuk pada factchecking yang dilakukan media massa di AS saat Pemilu Presiden. Di mana mereka tidak melakukannya secara kolaborasi, hanya dilakukan di newsroom masing-masing.

Program ‘Live Factchecking’ cekfakta.com pada Debat Capres 2019 ini juga didukung oleh sejumlah tim ahli dari beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memiliki kompetensi sesuai tema debat, yakni dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Auriga Nusantara (NGO lingkungan) dan Center for Energy Research Asia (CERA).

OSINTessentials@OSINTessentials
 

The @CekFaktaId Presidential Debate Live Fact-Checking event is a groundbreaking step for the region and beyond. It’s a proud moment for the smart and determined group of journalists who kicked this off last spring

See OSINTessentials’s other Tweets
 
 

 

 

Sebelum acara debat capres, para jurnalis ini juga dibekali pelatihan selama dua hari tentang bagaimana melakukan cek fakta memverikasi akun media sosial guna memerangi hoax. Para jurnalis diberikan tools, kemudian mensimulasikannya dengan memverifikasi sejumlah informasi, data, website, foto maupun video yang bertebaran di dunia maya.[suara.com]

BACA JUGA 

Inilah Buku Tebal yang Dibawa Prabowo ke Podium Debat Kedua Lawan Jokowi

JK Komentar Debat Pilpres: Jokowi Kuasai Masalah, Prabowo Jujur

Jokowi: Menjaga Keseimbangan Harga Pangan Sulit

CEK FAKTA: Jokowi Klaim Sejak 2014 Impor Beras Turun, Ini Faktanya

Ada Dua Suara Ledakan di Dekat Lokasi Debat Pilpres

CEK FAKTA: Jokowi Klaim Tak Ada Kebakaran Hutan 3 Tahun Terakhir, Benarkah?

Ledakan di Parkit Senayan Dekat Arena Debat Pilpres, 1 Orang Dipapah

Jokowi: Pak Prabowo Kelihatannya Kurang Optimis, Prabowo : Kami Lebih Fokus Kepada Petani

Janji Prabowo Bila Mendapat Mandat dari Rakyat, Segera Menurunkan Harga Listrik, Harga Sembako

Prabowo Pertanyakan Impor, Jokowi Banggakan Jagung

Leave a Reply

shares