Header Image

Aksi Mulia di Tengah Demonstrasi Hari Buruh 2018

Aksi Mulia di Tengah Demonstrasi Hari Buruh 2018

Ribuan buruh berkonvoi melintasi Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/5/2017). Di Hari Buruh Internasional (May Day) para buruh atau pekerja dari berbagai aliansi dan serikat buruh merayakannya dengan berunjuk rasa. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

 

JAKARTA SUARAKALTIM.com– Tidak hanya menyuarakan sejumlah tuntutan di Hari Buruh, aksi mulia pun dilakukan sejumlah organisasi buruh yang telah berkumpul di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Seperti dilansir dari liputan6.com, beberapa anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) terlihat memunguti sampah, pada saat aksi Peringatan Hari Buruh Internasional 2018 di Jakarta, Selasa.

“Inisiatif ini dari pengurus unit kerja. Kami ada minimal lima orang membawa kantong sampah. Selain menampung sampah, juga memungut sampah yang ada di jalan,” kata anggota FSPMI Pengurus Unit Kerja (PUK) PT UTAC Karawang, Agung Sri Widodo, seperti yang dikutip Antara, Selasa (1/5/2018).

Pemungutan sampah itu dilakukan untuk menjaga kebersihan pada saat aksi, sehingga begitu aksi selesai tidak banyak sampah yang tertinggal di jalanan.

 

Aksi Kantong Sampah

Beberapa sampah plastik dan kertas memang tampak di jalan tempat massa FSPMI dan afiliasi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang berkumpul di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Sama seperti Agung, Gunawan Inzaghi dari FSPMI PUK PT Kiriu Indonesia juga membawa kantong sampah dan memunguti sampah yang ada di jalanan.

“Inisiatif sendiri saja supaya tidak ada sampah di jalan,” katanya.

Massa dari kelompok buruh yang berafiliasi dengan KSPI berkumpul di sekitar Bundaran Bank Indonesia, yaitu persimpangan Jalan MH Thamrin, Medan Merdeka Selatan, dan Medan Merdeka Barat.

Selanjutnya, mereka bergerak menuju Jalan Medan Merdeka Utara untuk menyampaikan aspirasi di seberang Istana Merdeka.

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

 

Leave a Reply

shares