SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Sambut Massa Aksi Bela Muslim Uighur, Wawali Balikpapan Berterima Kasih

Sunday, 6 January 2019 | 2:03 pm | 162 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
PropellerAds
 
 
Massa aksi damai bela Muslim Uighur di China disambut langsung Wakil Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, Minggu (6/1/2018) foto TRIBUN KALTIM/RACHMAD SUJONO
 
Diterbitkan Tribunnews Kaltim Minggu, 6 Januari 2019 11:55

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Aris Joni

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Setiba di kantor Walikota Balikpapan, massa aksi damai bela Muslim Uighur di China disambut langsung Wakil Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Hosting Unlimited Indonesia

Rahmad Mas’ud mendatangi dan bergabung langsung serta berbaur dengan massa aksi yang tengah melakukan orasi penyampaikan kecamannya terhadap penindasan dan kekerasan terhadap warga Muslim Uighur di China.

Dalam penyampaiannya, Rahmad Masud menyampaikan, dirinya menyambut baik acara dan perjalanan warga Balikpapan yang peduli terhadap saudara muslim yang ada di Uighur, China.

Ia sangat mendukung kegiatan aksi warga Balikpapan yang sangat cinta damai dan toleran dalam melaksanakan aksi damai ini.

“Saya mewakili Pemkot Balikpapan berterima kasih kepada warga yang telah melakukan aksi dengan tertib,” ujarnya, Minggu (6/1/2019).

Lanjut Rahmad Masud, ia akan mengawal dan sampaikan aspirasi warga Balikpapan ini terkait protes atas kekerasan yang dilakukan pemerintah China terhadap warga Muslim Uighur.

“Pemerintah pusat juga sudah memanggil duta besar China untuk memperjelas masalah yang terjadi di Uighur,” jelasnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Dirinya berpesan agar warga Balikpapan tetap menjaga semangat dan toleransi sebagai kaum mayoritas dengan menjaga rasa toleransi bersama kaum minoritas guna menjaga kedamaian sebagai saudara di bawah naungan NKRI.

“Kita juga berharap pemerintah punya andil dalam penyelesaian kasus kekerasan terhadap warga Muslim Uighur ini,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Aksi, Ari Alkatiri menuturkan, aksi tersebut bukan hanya bentuk kepedulian terhadap persoalan agama saja, melainkan juga kepedulian dalam persoalan kemanusiaan.

“Ini bukan hanya masalah agama, tapi juga masalah kemanusiaan,” tegasnya.

Ia menambahkan, massa aksi dapat menjaga ketertiban dan tidak meninggalkan sampah di lokasi aksi guna menjaga kebersihan.

“Saya ingatkan rekan-rekan untuk tidak meninggalkan sampahnya,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Tribunkaltim.co di lokasi aksi, massa tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, melainkan juga ada anak-anak yang ikut serta dalam aksi damai tersebut.

Kegiatan juga diisi dengan pemberian petisi yang berisi sikap warga Balikpapan terhadap kekerasan yang terjadi pada warga Muslim Uighur di China.

Usai Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud memberikan penyampaiannya, massa kemudian langsung membubarkan diri dengan tertib dikawal aparat pengamanan. (*)

Judul berita aslinya : Tiba di Pemkot, Wawali Balikpapan Rahmad Ma’sud Sambut Massa Aksi Bela Muslim Uighur China

Penulis: Aris Joni
Editor: Trinilo Umardini

 

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply