Polres Kutim Bantu Pemakaman Pasien ODP Sangatta yang Meninggal di Ruang Isolasi

Polres Kutim Bantu Pemakaman Pasien ODP Sangatta yang Meninggal di Ruang Isolasi

 
Sangatta, Suara Kaltim Online – Kabar duka datang dari Kutai Timur (Kutim)  Kaltim. Seorang perempuan 50 tahun berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) meninggal dunia di ruang isolasi RSUD Kudungga Sangatta, Jumat malam (15/5/2020). Personil Polres Kutai Timur ikut membantu proses pemakaman warga. 

Sekitar pukul 18.00 wita, jenazah  Veronica dikawal oleh personil Polres Kutai Timur Brigpol Irantau dan Briptu Gian Aldair Alvin yang sekaligus ikut membantu memakamkan Jenazah Veronica.

Hadir dalam proses pemakaman warga diantaranya Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo, Waka Polres Kutai Timur Kompol Mawan Riswandi, Kapolsek Sangatta Utara dan Danramil 0909-01/SGT.

Wakapolres Kutai Timur Kompol Mawan Riswandi menyampaikan proses pemakanan Jenazah  Veronica yang meninggal senja ini menggunakan standar kesehatan Covid-19.

”Ini merupakan protap selama masa pandemi sehingga petugas menggunakan peralatan APD walaupun menurut informasi dari tim kesehatan Jenazah yang meninggal dunia belum bisa di pastikan apakah Veronica terjangkit Virus Covid – 19 atau bukan, dikarenakan Status Veronica dinyatakan sebagai ODP yang dirawat di Rumah Sakit Kudungga,”  kata Kapoolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo, didampingi Wakapolres Kutai Timur Kompol Mawan Riswandi.

Pada saat itu, hasil rapid test terhadapnya adalah nonreaktif. Diagnosis kerja ODP, dyspepsia syndrome, transaminitis

“Belum tentu covid-19, karena masih menunggu hasil swab, dan rapid test dia non reaktif. Dia dinyatakan ODP berdasarkan klinis,” tukas Bahrani.

Akhirnya, pasien berstatus ODP tersebut slangsung dikebumikan di pemakaman di Jl Kabo Raya, Desa Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara, Kutim, tadi malam. Pemakaman berlangsung dengan bantuan para petugas medis yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“ Polres Kutai Timur membantu proses pemakaman bersama Instansi terkait, penggunaan APD standar Covid-19 hanya untuk antisipasi saja untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan “ terang Kompol Mawan

Di tempat terpisah Kabid Humas Polda kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., menjelaskan, seperti diketahui, Polres Kutai Timur telah membentuk tim khusus yang sudah mendapat pelatihan dari Dinas Kesehatan untuk membantu prosesi pemulasaran jenazah terjangkit corona jika diperlukan.

Penulis : Desinta Syarifah/foto dok.Polda Kaltim

Editor : Sulthan Abiyyurizky

Leave a Reply