Header Image

Naveed Iqbal, Pria Lumpuh yang Terbitkan Aplikasi “Mecca Guide”

Naveed Iqbal, Pria Lumpuh yang Terbitkan Aplikasi “Mecca Guide”

Foto: Naveed Iqbal

MEKKAH,  www.SUARAKALTIM.com – Naveed Iqbal terlibat dalam kecelakaan mobil yang tragis bersama teman-temannya di Jeddah pada tahun 2008. Mobil terbalik hingga 5-6 kali. Dia selamat tetapi dengan luka yang mengubah hidupnya.

Naveed berasal dari Pakistan dan telah tinggal di Arab Saudi selama 28 tahun. Paru-parunya rusak sehingga membuatnya dirawat intensif. Setelah satu bulan menggunakan ventilator, dia bisa sadar namun tidak dapat berbicara selama sekitar 8 bulan karena ada selang yang dipasang di lehernya untuk membantunya bernafas.

Naveed didiagnosis dengan quadriplegia, suatu bentuk kelumpuhan yang terjadi di bawah leher. Sebagian tulang belakangnya rusak dan tulang panggul kanannya patah. Hal ini membuat kedua tangan, leher, dan lengannya tidak berfungsi lagi.

Bersyukur Naveed sekarang ini dapat menggerakkan tangannya, meskipun harus dengan sekuat tenaga menggerakkan jari-jarinya. Dia hanya bisa menggerakkan ibu jari tangan kanannya, namun bagian leher ke bawah tetap tidak berfungsi.

“Setelah keluargaku, orang-orang di negara ini adalah orang-orang paling baik yang pernah aku temui dalam 10 tahun ini. Mereka tidak hanya membantuku untuk turun dari kursi roda ketika naik mobil (mereka bahkan mencium dahi saya dan mendoakanku),” kata Naveed.

Yang spesial dari Naveed, dia tidak membiarkan kelumpuhan menghentikannya dari mencapai tujuan hidupnya. Dia telah belajar web design dan dengan susah payah mendesain situs web untuk Fitheme dengan hanya menggunakan ibu jari.

Baru-baru ini ia mengembangkan aplikasi untuk wisatawan dan penduduk setempat yang disebut Mecca Guide. Melalui aplikasi ini, para pengguna dapat dengan mudah mengunjungi setiap lokasi di Mekkah. Aplikasi android ini mendapat penilaian bintang 5 yang sempurna, dan sudah dapat bekerja pada versi iOS.

Melihat usaha Naveed, kekuatan dan tekad seharusnya menjadi sumber motivasi bagi kita semua.

Sumber: Ilmfeed

Leave a Reply

shares