Mengendalikan Banjir di Samarinda Gampang, Ini Caranya?

Monday, 5 March 2018 | 8:11 am | 216 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

Rusman Ya’kub/foto istimewa

 

 

Suriansyah. Maskot satir perpolitikan di Kaltim. foto republika.co.id

 

SAMARINDA, SUARAKALTIM- Hingga saat ini, kita belum mendengar program pasangan calon (paslon) Gubernur dan  Wakil Gubernur Kaltim dalam menuntaskan banjir di ibukota Kaltim. 

Bila sebelumnya,  kita pernah mendengar rencana membuat kanal membelah kota Samarinda menuju Sungai Mahakam, parit-parit di perlebar, pintu-pintu air di Sungai Mahakam diperbanyak dan lain sebagainya, maka ada  “ide gila” yang dilontarkan seorang profesor yang diragukan gelarnya.

Rusman Ya’kub, anggota DPRD Kaltim, mengungkapkan pengalamannya, saat masih menjadi anggota DPRD Samarinda beberapa tahun lalu. 

‘’Saat rapat bersama kelompok masyarakat Samarinda yang datang ke DPRD Samarinda, ada seorang yang begitu ingin menyampaikan pendapatnya.  Saat itu saya belum kenal beliau,’’  cerita Rusman.

Menurut Rusman, masalah banjir di Samarinda adalah masalah serius, yang perlu masukan dari berbagai pihak,  bagaimana cara mengendalikan banjir.

Setelah,  beberapa orang menyampaikan pendapatnya,  akhirnya  orang tersebut. Dia lantas berdiri dan memperkenalkan dirinya, sebagai profesor. 

Rusman, yang ketika itu memimpin rapat bertanya apa  saran, masukan  atau ide pengendalian banjir di Samarinda. “ Beliau menjawab, mengatasi banjir di Samarinda itu tidak sulit. Saya bertanya bagaimana caranya?  Datangkan saja puluhan gajah ke Samarinda untuk menyedot dan membuang airnya,’’ cerita Rusman.

Kontan saat itu, Rusman langsung menutup  rapat, dan orang-orang ketawa.

Siapa profesor, yang  kabarnya disiplin ilmunya, dari alam gaib itu?  “ Baru saya kenal saat itu namanya Suriansyah,’’ kata Rusman tertawa.

Suriansyah adalah seorang  atau figur yang selalu mendaftarkan diri  dalam setiap pencalonan kepala daerah di Kaltim. Bahkan hingga pencalonan presiden RI.  Pernah mencalonkan diri sebagai calon legislatif, pernah mendaftarkan diri  beberapa kali sebagai  bakal calon walikota Samarinda, mendaftar sebagai bakal calon Walikota Balikpapan, beberapa kali mendaftar sebagai Calon Gubernur Kaltim,  mendaftar sebagai bakal calon direktur PDAM,  terakhir termasuk 10 bakal calon dari partai Golkar, yang rencanakan akan dipasangkan dengan Rita Widyasari.  Sayangnya,  Suriansyah, yang katanya memiliki kampus di alam gaib ini, terganjal hanya sampai batas bakal calon saja. 

Satu lagi yang bikin tersenyum, figur yang rajin membuat kartu nama ini, punya partai sendiri, namanya Partai Masuk Sorga.

akhmad zailani/ foto republika.co.id  yang diambil dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/12/31/nhfpxi-jauhjauh-datang-dari-samarinda-untuk-dzikir-nasional-republika

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares