SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Langka, Pria India Ini Hidup dengan 2 Jantung

Monday, 26 February 2018 | 9:42 am | 151 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
PropellerAds

Ilustrasi (Foto: AFP)

HYDERABAD, iNews.id – Peristiwa langka terjadi di India. Dokter di Rumah Sakit Apollo, Hyderabad, terpaksa memasang satu jantung donor ke tubuh pria berusia 56 tahun dalam operasi yang berlangsung pada Sabtu 18 Februari lalu.

Hosting Unlimited Indonesia

 

INDIA, SUARAKALTIM – Peristiwa langka terjadi di India. Dokter di Rumah Sakit Apollo, Hyderabad, terpaksa memasang satu jantung donor ke tubuh pria berusia 56 tahun dalam operasi yang berlangsung pada Sabtu 18 Februari lalu.

Gopala Krishna Gokhale, dokter ahli bedah jantung, seperti dikutip dari Khaleej Times, Rabu 21 Februari 2018, menjelaskan, awalnya dia dan tim harus mentransplantasi jantung pria tersebut dengan milik pendonor, yakni remaja berusia 17 tahun.

Permasalahan kemudian timbul karena perbedaan ukuran antara jantung pendonor dan penerima.

“Jantung pendonor berukuran normal, yakni sekepal tinju. Tapi ukuran jantung penerima sebesar bola kaki ukuran kecil,” jelas Gokhale.

Jika dipaksakan, jelas dia, hal ini bisa menyebabkan tekanan darah di paru-paru meningkat empat kali lipat di atas normal, sementara tekanan di aorta sistol menurun. Karena itu, dokter terpaksa melakukan rencana B, yakni menempatkan jantung pendonor bersebelahan dengan jantung pasien sendiri.

Hosting Unlimited Indonesia

Cara yang biasa disebut dengan ‘Transplantasi Jantung Kuda-kudaan’ ini tak mengharuskan jantung milik pasien diangkat lalu diganti dengan milik pendonor.

Dokter harus memotong beberapa bagian dari perikardium jantung pasien, untuk memberikan tempat bagi jantung baru. Jantung donor terjepit di antara paru-paru kanan dan jantung milik pasien dalam operasi yang memakan waktu 7 jam itu.

Menurut Gokhale, kasus ini sangat jarang terjadi. Dia baru mengetahui 150 kasus serupa di dunia.

sk-011/inews.id

 

Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply