SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Kisah Uang Jutaan Rupiah Hancur Dimakan Rayap

Thursday, 22 August 2019 | 5:51 am | 85 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

Baca Juga :  Selain Viral Uang Jutaan Dimakan Rayap, Sebelumnya Pernah Uang Segepok Dibakar Dikira Sampah

 

Nah apa lagi berita ini, Penjahat kelamin :

Guru di Tanjungpinang Dipolisikan Murid, Sering `Digitukan” 14 Kali dan Direkam Pakai Kamera Ponsel

 

SUARAKALTIM.COM-Curhatan warganet Twitter ini membuat siapa saja yang melihatnya ikut merasa sedih. Bagaimana tidak, segepok uang jutaan rupiah milik Putri Buddin (23) ini ditemukan dalam keadaan dimakan rayap. Putri mengunggah foto segepok uang Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu yang tak lagi utuh ke akun Twitter miliknya @putribuddin pada Sabtu (17/8).

Curhatan Putri pun menjadi viral di media sosial. Banyak netizen yang penasaran dan heran bagaimana segepok uang jutaan rupiah itu bisa sampai dimakan rayap.

 


1. Berawal simpan uang di lemari kayu

Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap💔
Sedi banget sumpaaa😭
Kalo kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank ga si guys? Huhu pic.twitter.com/ziQA6m0cLM
— Putri Buddin (@putribuddin) August 17, 2019

https://twitter.com/putribuddin/status/1162724747395751936/photo/1

Putri Buddin (23) warga Jakarta Selatan ini tak menyangka jika uang jutaan yang ia simpan akan dimakan rayap. Putri menceritakan awal dirinya menyimpan segepok uang yang diberikan ke neneknya 2 tahun lalu.

“Jadi tadinya uang itu aku kasih nenek aku. Cuma nenek aku selalu nolak buat nerima uang. Akhirnya aku bilang ditabung aja, kalau nenek mau ambil, ambil aja, gitu,” kata Putri kepada detikcom, Selasa (20/8/2019).

Awalnya Putri memberikan uang sebesar Rp 3 juta ke neneknya untuk disimpan. Namun karena selalu dikembalikan ke Putri, akhirnya dia memilih untuk menyimpannya sendiri.

“Seingat aku, ngasih ke nenek aku cuma sekitar Rp 3 jutaan, tiba-tiba dia ngasih uang dia bilang ‘nih udah banyak simpan sendiri aja’. Akhirnya aku simpen di lemari kayu, terus aku bilang ‘kalau nenek mau ambil, ambil aja di sini’,”ujarnya.

2.Sempat lupa punya uang simpanan

 

uang dimakan rayap
BI saat uji kelayakan uang yang dimakan rayap | twitter.com

 

Baca Cerita Lainnya :  Video Viral, Modal Rp 10 Ribu Seorang Pria Nikahi Dua Wanita Sekaligus: Saya Tidak Sampai Hati Melihat Ada yang Terluka

Putri memutuskan untuk menyimpan uang tersebut di dalam sebuah lemari kayu. Dua tahun berlalu, Putri baru ingat bahwa dia memiliki uang simpanan. Putri menemukan uang jutaan rupiah itu di dalam lemari kayu saat dirinya sedang mencari baju beberapa hari lalu.

Putri tak menyangka uang yang dia berikan ke neneknya yang telah meninggal satu tahun lalu itu ternyata masih ada. Putri sempat berpikir bahwa neneknya sudah mengambil uang simpanan itu jadi Putri tak menghiraukan lagi.

“Pas aku lihat uang yang aku simpan itu nggak diambil nenek aku, tapi ditambahin malah,” ujarnya.

Putri kaget saat membuka lemari dan menemukan segepok uang yang sudah dimakan rayap. Putri menaksir bahwa uang di dalam lemari itu sekitar Rp 10 juta.

“Jadi dari Rp 3 juta itu, pas aku lihat dia (uang) sudah kena rayap, aku taksir Rp 10 jutaan, karena sudah ada dua bundel. Satu bundel itu sudah jadi sarang rayap banget, langsung dibuang kan. Satu bandel lagi dimasukin di plastik, yang satu lagi dibuang itu dimasukan map,” jelasnya.

3. Dibawa ke Bank Indonesia

Dari 5,4jt uang gue yang diganti oleh BI senilai Rp1.050.000,00 🙃🙃🙃🙃🙃🙃

Rayapnya laper bgt kayaknya fakla 🙂 pic.twitter.com/VelB3cesiL
— Putri Buddin (@putribuddin) August 19, 2019

Putri putus asa melihat sebagian uang simpanannya tak utuh lagi hingga berniat membuangnya. Niat itu Putri urungkan saat mendengar saran dari warganet untuk membawa uang itu ke Bank Indonesia (BI).

“Aku upload Twitter, ternyata responsnya banyak banget dan pada nyuruh ke BI (Bank Indonesia). Yaudah ke BI,” kata Putri.

Putri akhirnya membawa uang itu ke BI dan langsung diperiksa oleh petugas teller. Uang-uang itu dipisahkan dengan hati-hati dan dicek menggunakan alat uji kelayakan.

“Uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar minimal 67 persen. Jadi kalau serinya hilang atau tidak lengkap, tapi keutuhan fisiknya di atas 67 persen, uangnya bisa diganti dengan uang baru,” ujar Putri.

Dari sekitar Rp 5,4 juta yang dicek, ternyata hanya Rp 1,05 juta saja yang lolos uji kelayakan dan dapat ditukar dengan uang baru.

 

Dea Dezellynda/keepo.me

 

Cerita Viral lainnya :

 
 
 
 
 

 

 

 

Leave a Reply