Header Image

Jumlah Pendaftar Melonjak, Peserta Tes Gelombang III UMM Capai 3.000 Camaba

Jumlah Pendaftar Melonjak, Peserta Tes Gelombang III UMM Capai 3.000 Camaba

 

 

 
Peserta Tes Gelombang III UMM, Senin (20/8)
 
MALANG, www.suarakaltim.com-Tes Gelombang III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berlangsung Senin (20/8).Total pendaftar pada tes Gelombang III ini mencapai 3.079 calon mahasiswa baru (camaba). 
 
Berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 10.30 tes tulis dilanjutkan dengan tes wawancara yang berakhir pukul 12.30 WIB. 
 
“Untuk pengumuman tes ini nanti tanggal 24 Agustus,” ujar Kepala UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Dr. Saiman, M.Si. 
 
Sementara itu, Wakil Rektor 1 UMM Prof. Dr.  Syamsul Arifin mengatakan bahwa pada setiap penerimaan mahasiswa baru, UMM menetapkan kuota berbeda-beda. 
 
Untuk Gelombang I terdapat kuota sebanyak 30 persen, Gelombang II sebanyak 40-50 persen dan Gelombang III sebanyak 15-20 persen. Seperti sebelumnya,  Gelombang II menjadi puncak pendaftar terbanyak.
 
“Jumlah total pendaftar meningkat hingga 35 persen dari tahun lalu. Hal ini karena UMM telah berupaya menerapkan standar Kemenristekdikti guna menjadi perguruan tinggi terbaik. Misalnya, dari segi SDM kita terus pacu, kompetensi dan kualifikasi. Kami juga terus menerus menyekolahkan dosen ke jenjang doktoral. Kemudian kami juga fasilitasi penelitian. Ke depan UMM akan selalu mencari solusi terhadap permasalahan di era disrupsi agar semakin banyak yang mendaftar ke UMM,” terangnya. 
 
Sementara itu, salah seorang camaba asal Kediri, Mita Yuliana mengharapkan Tes Gelombang III yang diikutinya ini dapat membuahkan hasil yang baik. 
 
“Saya ambil jurusan Ilmu Hukum. Meskipun sedikit takut nggak lolos dan mengecewakan orang tua, saya tetap optimis dan yakin kalau saya diterima,” ungkapnya.
 
Tes Gelombang III dibuka untuk semua program studi (prodi) dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Agama Islam serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis kecuali Fakultas Kedokteran.
 
Total peserta yang akan diterima secara keseluruhan Gelombang I, II dan III sebanyak 6.000-7.000 mahasiswa. sk-002/umm.ac.id

Leave a Reply

shares