SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Jangan Lewatkan Sholat Jenazah Saat Tetangga Meninggal, Ini 8 Alasannya

Monday, 2 September 2019 | 7:47 am | 39 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

Baca Juga : 

18 Fadhilah Sholawat yang Luar Biasa

 

JIKA  ada tetangga muslim meninggal, jangan sampai tidak ikut sholat jenazah. Apalagi jika tidak ada alasan syar’i semisal sakit atau tidak bisa izin dari tempat kerja.

Sedikitnya ada delapan alasan mengapa jangan sampai melewatkan sholat jenazah:

1. Sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah

Sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah. Fardhu kifayah adalah kewajiban yang dituntut dari umat Islam secara kolektif, bukan perseorangan. Artinya, kewajiban itu gugur jika sudah dilaksanakan oleh sekelompok kaum muslimin, sedangkan yang lain tidak berdoa. Namun jika tidak ada yang melaksanakannya, maka seluruh kaum muslimin terkena dosa.

Bayangkan kalau tidak ada yang mau menshalatkan jenazah seorang muslim, seluruh kaum muslimin di kampung itu berdosa. Dengan mengikuti sholat jenazah, artinya kita sudah menggugurkan kewajiban muslim lainnya.

Selain itu, tentu pahalanya besar karena ini ibadah fardhu kifayah. Ibadah sunnah saja pahalanya besar, apalagi ibadah fardhu kifayah.

2. Menunaikan hak sesama muslim

 

Baca Juga :

Sekilas Tentang Syeikh Abdul Qadir Jaelani

 

 

Sholat jenazah merupakan hak bagi muslim yang meninggal. Artinya, kewajiban kita memberikan hak itu kepada tetangga yang meninggal tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

“Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam. (1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya. (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya. (3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya. (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’). (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia. (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).” (HR. Muslim)

Mengiringi jenazah hingga ke pemakaman ini termasuk juga di dalamnya sholat jenazah.

3. Sholat jenazah pahalanya 1 qirath

 

Baca Juga :  20 Keutamaan Shalat Berjamaa

 

 

Salah satu keutamaan sholat jenazah, pahalanya sebesar satu qirath. Bahkan jika dilanjutkan dengan mengantarkan jenazah hingga pemakaman, pahalanya menjadi dua qirath. Satu qirath yang paling kecil besarnya seperti gunung uhud.

مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ وَلَمْ يَتْبَعْهَا فَلَهُ قِيرَاطٌ فَإِنْ تَبِعَهَا فَلَهُ قِيرَاطَانِ. قِيلَ وَمَا الْقِيرَاطَانِ قَالَ أَصْغَرُهُمَا مِثْلُ أُحُدٍ

“Barangsiapa menshalatkan jenazah dan tidak mengiringinya (ke pemakaman), ia akan memperoleh pahala sebesar satu qirath. Jika dia juga mengiringinya (hingga pemakamannya), ia akan memperoleh dua qirath.” Ditanyakan, “Apa itu dua qirath?” Beliau menjawab, “Yang terkecil di antaranya semisal Gunung Uhud.” (HR. Muslim)

4. Si Mayit mendapat ampunan

Selain keutamaan luar biasa untuk yang sholat, sholat jenazah juga memiliki keutamaan besar bagi si mayit yang disholatkan. Terutama jika jamaah yang mensholatkan jumlahnya banyak, 40 orang atau lebih.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوتُ فَيَقُومُ عَلَى جَنَازَتِهِ أَرْبَعُونَ رَجُلاً لاَ يُشْرِكُونَ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ شَفَّعَهُمُ اللَّهُ فِيهِ

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lantas dishalatkan oleh 40 orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun melainkan Allah akan memperkenankan syafa’at (doa) mereka untuknya.” (HR. Muslim)

Bahkan kalaupun kurang 40 jamaah namun bisa dibagi menjadi tiga shaf (misal 30 orang, tiap shaf 10 orang), si mayit juga akan mendapatkan keutamaan sholat jenazah tersebut.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ فَيُصَلِّى عَلَيْهِ ثَلاَثَةُ صُفُوفٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ إِلاَّ أَوْجَبَ

“Tidaklah seorang muslim mati lalu dishalatkan oleh tiga shaf kaum muslimin melainkan doa mereka akan dikabulkan.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; hasan)

Dengan demikian, si mayit akan mendapat ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukankah inti doa sholat jenazah adalah memintakan ampunan dan rahmat kepada Allah?

5. Si Mayit dilindungi dari siksa kubur

Ketika sholat jenazah diikuti 40 orang, doa mereka untuk si mayit akan dikabulkan Allah. Di antara doa sholat jenazah adalah mendoakan agar si mayit dilindungi Allah dari siksa kubur.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari azab kubur dan azab neraka.” (HR. Muslim)

6. Si Mayit diselamatkan dari neraka

Bacaan sholat jenazah pada takbir ketiga itu juga memohon agar si mayit diselamatkan dari siksa neraka. Ketika sholat jenazah diikuti 40 orang, insya Allah ia pun diselamatkan Allah dari neraka.

7. Si Mayit dimasukkan ke surga

Doa tersebut juga memohon agar si mayit dimasukkan ke surga. Ketika sholat jenazah diikuti 40 orang, insya Allah ia pun dimasukkan ke surga.

Bahkan kalaupun jamaah sholat jenazah tidak hafal doa yang panjang ini dan hanya membaca doa pendek:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia.”

insya Allah ia tetap dimasukkan ke surga. Bukankah tempat kembali bagi orang yang diampuni Allah dan mendapat rahmatNya adalah surga?

8. Suka sholat jenazah, kelak banyak yang mensholatkan

Bagi orang yang suka sholat jenazah, insya Allah kelak ketika ia meninggal, banyak kaum muslimin yang akan mensholatkannya. Sebab siapa yang berbuat baik, sesungguhnya kebaikan itu akan kembali kepada dirinya.

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri..” (QS. Al Isra: 7)

Pembahasan lengkap mulai dari tata cara, niat, dan bacaan sholat jenazah bisa dibaca di artikel Sholat Jenazah. [Muchlisin BK/Kisahikmah]

 

 

 
 

Leave a Reply