SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Ibu Kota Pindah, Mendadak Viral Mitos Kuyang Sang Hantu Legendaris Kalimantan

Thursday, 29 August 2019 | 9:25 pm | 239 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
 
 

Sosial Media, RANCAH POST – Kabar mengenai rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke daerah baru di wilayah Indonesia menjadi perbincangan hangat publik.

Kabar tentang ibu kota pindah ini akhirnya secara resmi telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Senin, (26/8/2019).

Sontak saja pengumuman resmi ini menjawab semua pertanyaan publik yang bakal memindahkan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan.

 

Pernyataan mengenai pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan resmi diumumkan Jokowi melalui akun Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengumumkan lokasi ibu Kota baru di Kabupaten Penajam dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur.

Menanggapi hal tersebut ramai masyarakat yang berpikir soal mistis yang terkenal cukup kuat di Kalimantan.

Di media sosial, tagar #Kuyang menduduki peringkat trending topic di Twitter sejak Selasa (27/8/2019).

Menurut informasi yang beredar, kuyang merupakan salah satu makhluk mistis yang sangat terkenal menakutkan di daerah Kalimantan.

 

 Baca Juga :
 
 
 
 
 

Mulai dari cuitan candaan hingga kisah-kisah yang dianggap mistis tentang Kuyang pun banyak dibagikan oleh para warganet.

Mitos hantu kuyang ternyata tak hanya ada di Kalimantan, namun mitos tersebut juga berkembang di Sumatera dan Bali.

Di Sumatera, kuyang dikenal dengan sebutan hantu palasik, sedangkan di Bali terkenal dengan nama leak.

Konon katanya kuyang dipercaya oleh masyarakat disana merupakan jelmaan seorang perempuan yang menuntut ilmu hitam.

Wujudnya sangat mengerikan, kuyang merupakan siluman kepala manusia dengan organ dalam yang terburai keluar tanpa terbungkus daging dan kulit.

Konon, hantu ini juga diketahui sering mengincar ibu hamil untuk dijadikan mangsa.

Tak hanya itu, menurut rumor yang beredar kuyang juga gemar meminum darah bayi atau darah wanita yang setelah melahirkan.

Hantu Kuyang. ilustrasi foto istimewa

Hantu yang bikin bulu kuduk siapapun merinding ini kerap melancarkan aksinya pada malam hari.

Mitosnya, kuyang menyerang calon korbannya yakni ketika ibu hamil sedang tertidur pulas. Pada saat itu, kuyang langsung beraksi menghisap jiwa dan janin ibu tersebut.

Hal itu menyebabkan sang ibu akan mengalami pendarahan sesaat setelah janinnya diambil.

Menurut kabar dari masyarakat sekitar, pada siang hari hantu kuyang dapat menjelma menyerupai manusia biasa.

Namun, ada yang perbedaan antara kuyang dan manusia pada umumnya. Kuyang tidak memiliki filtrum bibir atau garis di atas bibir saat menyamar sebagai manusia.

Masyarakat sekitar juga percaya, bila terjadi penyerangan oleh hantu kuyang, maka cara menghadapi atau menangkalnya bisa menggunakan sapu ijuk.

Tak hanya sapu ijuk, masyarakat juga biasanya akan memukul perabot rumah tangga dan alat dapur lainnya agar kuyang dapat segera pergi dan gagal melakukan aksinya.

Nah, itulah beberapa mitos mengenai kuyang yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Kalimantan.

 

Namun, terlepas dari percaya atau tidaknya dengan hantu kuyang itu kembali kepada pribadi masing-masing ya, guys.

Heboh Penampakan Hantu Kuyang di Bontang Terekam Video Netizen

 

Pada siang hari, makhluk ini akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, namun biasanya ia mengenakan pakaian jubah. Pada malam hari siluman itu akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya. Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar.

Keberadaan makhluk yang disebutkan menyeramkan yang belakangan heboh ini rupanya terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial, sebagaimana diunggah oleh Gabriel Steven pada laman Facebook miliknya.

“Fenomena unik terjadi lg,urban legend kuyang ,sosok kepala melayang beserta organ tubuh yg suka memangsa anak kecil kembali terjadi…dan ini ada video penampakan kuyang lg melayang…diambil 29 desember 2016,” tulis Gabriel Steven, 30 Desember 2016 silam.

 

Netizen pun ikut buka suara menanggapi keberadaan kuyang lyang konon kerap mencari mangsa ibu hamil dan anak bayi tersebut.

Tirto Pambuniarto menuliskan komentarnya, “di tmpt saya masih banyak yg kaya gitu mas, di kalteng”

Ahmad Bustomi juga ikut berkomentar, “Di daerah saya di sebut Setan Leak…”

“Di bontang kaltim om.,. udh di dalem kamr kuyang nya.,. Untng aja bca ayat kursi.,. Mssih bisa selamat.,.” kata Danny Sanchez.

Gabriel Steven juga dalam kolom komentar membalas, “Kl dijawa dl namanya memedi usus kl ga salah ,cuman yg biasanya masih ada wewe gombel,dulu skali anak tetanggaku pernah disembunyiin di pohon”

 

Sebelumnya, beberapa pekan yang lalu seorang netizen bernama asli Syarifah (17) pernah mengungkapkan kematian anaknya akibat ulah siluman itu. Dalam Facebook miliknya, Syarifah menceritakan bila kematian akanya yang masih berusia 2 bulan itu diduga akibat kuyang yang menghisap darah anaknya. Saat ditemukan tak bernyawa, kondisi anaknya itu pucat pasi dengan mulut berwarna biru dan mata serta hidung yang mengeluarkan darah.

Leave a Reply