Hadiah Putra Mahkota UEA untuk Jokowi, Ini Penampakan Masjid Mewah Sheikh Zayed

Suara Kaltim, SOLO – Putra Mahkota Kerajaan Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan menghadiahkan masjid mewah untuk Presiden Joko Widodo, di Gilingan Solo.

Masjid senilai Rp5,7 triliun itu dibuat semirip mungkin dengan Sheikh Zayed Grand Mosque atau dikenal dengan nama Masjid Agung Sheikh Zayed. Artinya, masjid yang dalam proses pembangunan dan hibah dari putra mahkota tersebut merupakan miniatur dari masjid Sheikh Zayed Grand Mosque.

 “Secara keseluruhan untuk bentuk modelnya sama, hanya tempatnya beda dan dikurangi untuk ukuran karena miniatur,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Hidayat Maskur, Rabu (3/3/2021).

Seperti diinformasikan, masjid hibah dari Pangeran UEA itu akan dibangun di lahan bekas depo Pertamina, Gilingan, Banjarsari, Solo.

Pembangunan masjid dengan dana dari Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan senilai Rp5,7 triliun itu akan dimulai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu (6/3/2021).

Luas lahan untuk masjid itu 2,9 hektare dan diperkirakan mampu menampung 12.000 orang jamaah.

Dilihat dari kapasitas tampungnya, masjid di Gilingan, Solo, ini kemungkinan besarnya 24 persen dari Sheikh Zayed Grand Mosque.

Hal itu mengacu daya tampung masjid di Abu Dhabi yang mencapai 50.000 orang jamaah. Dari arsitekturnya, bangunan Masjid Agung Sheikh Zayed di Ibu Kota Uni Emirat Arab itu merupakan perpaduan gaya arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Mooris (Maroko).

Tidak ada kekurangan masjid di Uni Emirat Arab. Abu Dhabi sendiri memiliki sekitar 1.500 tempat ibadah untuk dihadiri umat Islam. Namun, Masjid Agung Sheikh Zayed menonjol jika dibandingkan dengan masjid lainnya/Istimewa  

 

96 Pilar

Mengutip situs visitabudhabi.ae, Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi memiliki 1.096 pilar yang dibuat dari batu pualam dan batu alam polesan. Termasuk lapis Lazuli, red agate, amethyst, abalone shell dan mother of pearl.

Dari 1.096 pilar, 1.000 di antaranya berada di area luar. Sementara, 96 pilar bundar berukuran besar yang semuanya dilapisi mother of pearl berada di ruang utama.

Pada bagian eksterior, masjid ini memiliki 82 kubah terbuat dari marmer putih serta empat bangunan menara setinggi hampir 107 meter di empat penjuru masjid.

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu dari delapan masjid terbesar di dunia dan mengesankan tidak hanya karena ukurannya tetapi juga arsitekturnya. Dengan dinding marmer, karya batu yang rumit, dan lampu kristal, masjid ini benar-benar sangat indah./Istimewa 

 

Sumber : Solopos

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares