SUARA KALTIM-Online
SUARA KALTIM-Online SUARA KALTIM-Online

Habibie Wafat, Dunia Ikut Berduka, Kedutaan Besar Negara-negara Cuitkan Ikut Berduka

Thursday, 12 September 2019 | 3:07 pm | 30 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       
 
 

 

Kepergian BJ Habibie juga jadi duka bagi dunia/Net

 

SUARAKALTIM.COM-Kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie untuk selama-lamanya tidak hanya menjadi duka bagi Indonesia, namun juga dunia. Media sosial pun langsung dipenuhi oleh ucapan belasungkawa yang datang tidak hanya dari tokoh dalam negeri, juga dari luar negeri.
Tagar #Habibie dan #BJHabibie menjadi Trending Topic di Twitter dengan ribuan cuitan. Kedutaan Besar AS di Indonesia dengan akun @usembassyjkt ikut meramaikan tagar tersebut dengan cuitan, “Pemerintah dan rakyat Amerika turut berdukacita atas meninggalnya mantan Presiden RI #BJHabibie. Doa kami menyertai seluruh keluarga yang ditinggalkan – Duber Donovan”.
 

Kedutaan Besar Jerman dan Inggris juga melakukan hal serupa. Melalui akun @KedubesJerman, pihak Jerman menyatakan, “Kami menerima berita wafatnya Presiden ke-3 RI Y.M.B.J. Habibie dengan kesedihan dan kepedihan yang mendalam. Belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan. Y.M. Presiden Habibie telah luar biasa berjasa bagi Indonesia dan persahabatan Indonesia-Jerman. Rasa terima kasih kami yang abadi.”

Sedangkan akun @UKinIndonesia berkata, “Turut berduka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie. Doa kami menyertai keluarga dan seluruh bangsa Indonesia.”

 
Baca Juga : BJ Habibie Wafat, Ini Warisan Kebijakan Ekonomi yang Ditinggalkan

Cuitan ini kemudian dibalas langsung oleh Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, “Belasungkawa saya untuk keluarganya dan bangsa Indonesia atas kematian presiden ketiga Indonesia. Seorang negarawan dan seorang teman bagi Inggris. Dia akan dirindukan.”

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen juga melakukan hal serupa. “Mohon terima belasungkawa tulus saya atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia Pak BJ Habibie. Pikiran dan doa kami bersama keluarga Habibie selama periode sedih ini,” tulisnya.

Tidak hanya perwakilan dari berbagai negara, para pemimpin dunia juga secara langsung mengucapkan duka citanya atas kesedihan yang dirasakan oleh bangsa Indonesia.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dalam akun Twitter pribadinya @ScottMorrisonMP juga menuliskan, “Duka mendalam atas kepergian Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie. Dia memimpin Republik Indonesia pada era perubahan. Keberanian dan visinya selama periode reformasi sangat diapresiasi di Australia. Pikiran kami bersama keluarga dan orang-orang terkasihnya.”

 
 
Baca Juga :  Habibie dan Pesawat Rancangannya N250 yang Dilarang Terbang

Sedangkan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad dengan akun @chedetofficial menuliskan, “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Tazkiah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia di atas pulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya kepergiannya suatu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas rohnya. Al Fatihah.”

Wakil Perdana Menteri Singapura, Teo Chee Hean yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Jakarta pada Rabu (11/9) bahkan langsung memberikan penghormatan terakhirnya dan memberikan ucapan belasungkawa kepada keluarga.

“Kesedihan yang mendalam atas meninggalnya Mantan Presiden Indonesia BJ Habibie ketika saya sedang melakukan kunjungan kerja ke Jaarta. Setibanya, saya langsung memberikan penghormatan terakhir dan ucapan belasungkawa pada keluarganya,” tulis Teo dalam akun Facebook pribadinya.

 
Baca Juga : Rumah Masa Kecil BJ Habibie di Parepare akan Dijadikan Museum

Kantor Kedutaan Inggris di Jakarta juga ikut berbelasungkawa dengan mengibarkan bendera Inggris setengah tiang. Sebelumnya, Menteri Sekretariat Negara, Pratikno melalui surat edaran yang ditujukan kepada para pimpinan lembaga negara dan pemerintah daerah untuk memasang bendera setengah tiang selama tiga hari sejak Kamis (12/9) hingga Sabtu (14/9).

 
Sarah Meiliana Gunawan/agus dwi/rmol

 

Leave a Reply