Festival Jengkol Indonesia Gaet UKM Singapura, Malaysia

Friday, 9 March 2018 | 7:38 pm | 207 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                       

ilustrasi.Festival Jengkol Indonesia Ggaet UKM Singapura, Malaysia (Antaranews Kalsel/Hasan Zainuddin

 

BEKASI, SUARAKALTIM.com – Festival Jengkol Indonesia di Kota Bekasi pada 23-25 Maret akan melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah dari dalam dan luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

“Kami menggaet UKM lokal yang memproduksi makanan berbahan dasar jengkol. Mereka tersebar di berbagai daerah, di antaranya Kalimatan, Bandung, Bekasi, bahkan ada juga yang dari Malaysia dan Singapura,” kata Ketua Panitia Festival Jengkol Indonesia Kamila di Bekasi, Rabu.

Peserta acara tersebut, ia menjelaskan, akan menyajikan makanan berbahan jengkol seperti steak jengkol, burger jengkol, jengkol fantasia, jengkol crispy, jengkol rawon, jengkol semur, jengkol rendang, krupuk jengkol, sumpia jengkol, cireng jengkol, bakso jengkol, liwet jengkol, nasi bakar jengkol, dan jengkol pepes.

Panitia telah menyiapkan sedikitnya 150 kilogram jengkol untuk diolah peserta menjadi beraneka macam makanan dalam acara yang berlangsung di Bekasi Trade Center MALL Jalan Joyomarto itu.

“Kalau dari pengalaman acara serupa di Bogor, Jawa Barat, kami menghabiskan sekitar 150 kilogram jengkol. Kemungkinan di Kota Bekasi tahun ini akan bertambah jumlahnya karena varian makanannya juga bertambah,” katanya.

“Karena selain bazar kuliner jengkol, ada juga lomba masak dan Pemilihan Raja Jengkol Bekasi,” katanya.

Kamila menyebutkan acara serupa di Bogor dalam tiga hari menarik hingga 1.000 orang per hari selama tiga hari pelaksanaannya.

Festival di Bekasi akan mencakup bazar aneka produk, seminar kesehatan, seminar wirausaha, demo masak olahan jengkol bersama Babeh Cook dan panggung hiburan.

“Acara ini mengusung tema Festival Jengkol Indonesia, dari jengkol untuk kejayaan makanan Indonesia,” kata Kamila.

 

sk-008/antaranews.com

Facebook Comments

Comments (0)

Leave a Reply

shares