Mungkin kita bisa saja menertawakan orang zaman dulu yang mengira bubuk peluru adalah bentuk sihir ataupun rapper yang gak mengerti apa itu magnet.

Hosting Unlimited Indonesia

Namun tahukah kamu bahwa di luar sana masih banyak material yang tercipta dari hasil sains, yang akan terlihat seperti sihir asli. Material-material ini umumnya sangat susah didapatkan dan/atau sangat berbahaya, tapi kekerenannya patut ditonton. Ini 6 di antaranya yang mampu mematahkan keilmuan fisika!

1. Galium, logam yang mencair di tanganmu

thegiftsformen.com

Memang semua orang tahu bahwa ada logam cair seperti merkuri dan semua logam akan meleleh jika kamu memanaskannya hingga ke titik lelehnya. Yang mungkin belum kamu temui adalah logam ini yang akan meleleh di tanganmu seperti es krim. Yang kamu butuhkan hanya galium, logam luar biasa yang jika dihangatkan sedikit saja sudah bisa mencair.

Galium akan cair hanya pada temperatur ruangan, jadi gak akan terlalu berguna untuk membangun apapun, kecuali untuk digunakan sebagai trik jangka pendek. Misalnya pada saat nongkrong bersama teman, jika kamu mengaduk air hangat dengan sendok galium, kamu akan menyaksikan sendoknya lenyap

Yang lebih aneh lagi, karena suatu hal, ternyata galium gak cocok sama aluminium, bahkan bisa membuat kaleng kola menjadi serapuh kertas, seperti video berikut:

2. Ada sebuah gas yang cukup kuat untuk mengangkat (membuat nampak melayang) benda yang berat.

Dikira Sihir, 6 Zat Ini Mematahkan Ilmu Fisika yang Kita Kenal di Sekolahyoutube.com

Mengatakan bahwa sebuah zat itu “lebih berat daripada udara” memang gak terlalu menarik, sampai kamu melihat betapa mengerikan kemampuan sulfur heksafluorida. Misalnya, kebanyakan kita sudah pernah menghirup balon helium supaya suara kita seperti chipmunk. Namun gak hanya helium yang akan mengacaukan jangkauan vokalmu. Sulfur heksafluorida itu ibarat saudara kembar versi jahat dari helium. Jika kamu menghirup sebuah balon berisi dengan ini, suaramu akan jadi berat ala bariton, sebagaimana didemonstrasikan di video berikut: