Header Image

Benarkah Video “Setelah 10 tahun mati di tembak jenazah pejuang syahid Imam Samudera masih segar”?

Benarkah Video “Setelah 10 tahun mati di tembak jenazah pejuang syahid Imam Samudera masih segar”?

SUARAKALTIM.com– Hoaks lama beredar kembali. Bukan mayat Imam Samudera. Melainkan mayat Yaser Bin M. Thamrin, seorang tahanan kasus tindak pidana terorisme di lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Yaser meninggal dunia karena sakit di RSUD Tangerang Selatan (Tangsel). Selasa 17 Juli 2018.

Akun Team Chapter SB (fb.com/Chaptersb) mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Pemindahan kubur Imam Samudera karena projek melebarkan jalan. Setelah 10 tahun mati di tembak oleh firing squad pemerintah indonesia pada tanggal 9 Nov 2008, jenazah pejuang syahid Imam Samudera masih segar ibarat sedang tidur, beliau dijatuhkan hukuman mati karena mengebom kelab malam di Bali pada tahun 2002.”

Sumber : https://perma.cc/R3GV-29GA (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa kuburan Imam Samudera dipindah karena proyek jalan dan mayatnya masih segar setalah 10 tahun meninggal adalah salah.

Klaim ini sebenarnya adalah hoaks lama yang beredar kembali. Pada 23 Juli 2018 misalnya, artikel periksa fakta terkait klaim ini dimuat di situs turnbackhoax.id dengan judul [SALAH] “Almarhum Imam Samudra dipindahkan kuburnya”

BACA JUGA : Cek Fakta: Benarkah Pengguna Facebook Sudah Ramalkan Virus Corona di 2016?

Faktanya, mayat di video itu bukanlah mayat Imam Samudera. Melainkan mayat Yaser Bin M. Thamrin, seorang tahanan kasus tindak pidana terorisme di lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Yaser meninggal dunia karena sakit di RSUD Tangerang Selatan (Tangsel). Selasa 17 Juli 2018.

Selain itu, Dalam tayangan video yang didapat Kiblat.net pada Senin (23/08/2018), muncul seorang pria bersama beberapa orang di sebuah makam yang dijelaskan bahwa itu adalah makam Imam Samudra.

Keponakan Imam Samudra, Al-Maghfirah dan kakak kandung Imam Samudra, Wawan turut berada dalam video tersebut. Beberapa aparat desa dan tokoh agama berada di makam Imam Samudra.

BACA JUGA :CEK FAKTA: Anies Imbau Tutup Berbagai Aktivitas Publik Karena Corona?

Seorang pria yang tidak menyebutkan namanya mengklarifikasi bahwa tidak ada pembongkaran makam Imam Samudra. Hingga saat ini, makam tersebut masih dalam kondisi seperti sedia kala.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2018/07/23/salah-almarhum-imam-samudra-dipindahkan-kuburnya/
https://www.facebook.com/watch/?v=2239907449371432
https://news.detik.com/berita/4129575/hoax-video-jenazah-imam-samudra-polri-itu-napiter-yaser-bin-thamrin
https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-jenazah-imam-samudera-tidak-dipindahkan-27431110790551906

sumber : turnbackhoax.id

Leave a Reply

shares