Header Image

23 Produk Kopi Asal Indonesia Dapat Penghargaan di Paris

23 Produk Kopi Asal Indonesia Dapat Penghargaan di Paris

 
 
 

www.SUARAKALTIM.com – Keberhasilan sejumlah produsen kopi Indonesia menyabet penghargaan AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) Gourmet Product di Paris, Prancis pada 23 Oktober 2018 lalu, harus bisa dijadikan momentum untuk mengembangkan produk kopi Indonesia di pasar internasional.

“Menilik banyaknya penghargaan yang kita terima di ajang kompetisi kopi di Eropa itu, kita optimistis bahwa kualitas produk kopi Indonesia sudah semakin diakui pasar global,” kata Ketua Komunitas Kopi Nusantara (Kopinusa) Iwan Setiawan Arifin Manasa di Jakarta, Kamis (25/10).

Pengakuan pasar global itu sendiri, menurut Iwan, tidak terlepas dari semakin banyaknya kopi Indonesia yang sudah mengantongi sertifikat Indikasi Geografis (IG), sebagai salah satu persyaratan untuk menembus pasar internasional, selain sertifikat organik.

“Pasar ekspor untuk produk kopi Indonesia terbuka lebar. Tinggal bagaimana kita pintar-pintar mengolahnya, mengacu pada selera pasar internasional yang berbeda-beda,” lanjutnya.

Dalam rilis yang diterima Kopinusa dari Country Manager AVPA untuk Indonesia, Annelis Putri, tercatat 23 kopi Indonesia dari 11 produsen berhasil memenangkan penghargaan yang diserahkan di arena pameran The Salon International de l’Agroalimentaire (SIAL) Agrofood di Paris. SIAL Agrofood merupakan salah satu pameran agroofod terbesar di dunia.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung oleh Presiden AVPA Philippe Juglar kepada Deputy Chief of Mission dari KBRI Paris Agung Kurniadi, dan Annelis Putri selaku country manager AVPA Indonesia. Keduanya mewakili para produsen kopi Indonesia yang berhalangan hadir.

Mengutip Annelis Putri, kompetisi yang diselenggarakan oleh AVPA sepanjang bulan Oktober itu diikuti oleh lebih dari 170 produsen kopi dari seluruh dunia. Selain Indonesia, peserta kompetisi juga datang dari Brasil, Kamerun, Kolombia, Kongo, Amerika Serikat (Hawaii), Gabon, El Salvador, Honduras, Kenya, Laos, Meksiko, Peru, Puerto Rico, Tanzania, Togo, dan lain-lain.

 

jppn/video suara.com/foto ist

Leave a Reply

shares