Inspirasi Bisnis : Mendulang Rezeki ala Reseller

Kamis, 28 Februari 2019 | 9:46 am | 350 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                     
Kania Suryani (28) memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kantoran. Dia memilih beralih profesi menjadi seorang reseller atau dropshipper di e-dagang atau e-commerce.
 

JAKARTA, www.suarakaltim.comKANIA Suryani (28) memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kantoran.  Dia memilih beralih profesi menjadi seorang reseller atau dropshipper di e-dagang atau e-commerce.

Rupanya, pekerjaan menjadi reseller jauh lebih menghasilkan laba daripada upah yang diterimanya ketika bekerja sebagai desainer grafis di kantor.

Sebetulnya, Kania tidak sengaja menggeluti profesi baru ini. Tadinya, dia hanya pembeli biasa. Suatu kali karena berbelanja dengan harga yang sangat murah di sebuah e-commerce, dia mulai memasarkannya di lapaknya sendiri di berbagai platform, seperti Buka Lapak, Tokopedia, dan Shoope. Ternyata, jualannya laku pesat.

“Prosesnya sederhana sekali, saya bekerja sama dengan Jakmall dan membeli produk dari situ, kemudian menjualnya kembali di toko saya,” kata Kania.

Dengan cara ini, Kania dan timnya tidak perlu memiliki toko untuk menyimpan barang, dan sama sekali tidak berhubungan dengan berbagai produk yang dijualnya.

Istilahnya, Kania menjadi penjual kedua setelah membeli barang dari toko yang menyediakan produk seharga modal.

 “Saya hanya melalukan pemesanan, nanti pihak e-commerce yang akan mengirimkan pesanan ke pelanggan saya,” kata reseller aksesoris handphone dan perlengkapan rumah tangga ini.

Keputusannya tidak sia-sia, Kania memperoleh penghasilan yang tidak sedikit. Walau enggan menyebut nominalnya, Kania mengaku memiliki 5 orang administrasi yang membantunya bekerja saat ini.

Sebagai reseller, Kania mengambil margin keuntungan sebesar 10%. Artinya setiap barang di tokonya dijual lebih tinggi 10% dari harga asli ketika dia melakukan pembelian di e-commerce pilihannya, yakni Jakmall.

 “Tidak banyak sebenarnya, tetapi kalau ada diskon dari penjual pusat, itu juga sudah menguntungkan,“ ujarnya lagi.

Keuntungan tetap diterimanya karena Kania tidak mengganti harga di tokonya ketika penjual pusat memberi diskon, otomatis marginnya tetap tinggi.

Menurut chief marketing officer Jakmall.com Reza Aggi Prasetyo kehadiran reseller merupakan salah satu penyebab terjadinya ketimpangan harga di berbagai platform jual beli online.

 “Banyak reseller yang membuka lapak di berbagai e-commerce setelah membeli barang yang sama di e-commerce yang termurah,” katanya.

Reza mengatakan bahwa pihaknya secara tidak langsung memang menyasar kerja sama dari penjual pusat dan reseller. Baginya, salah satu kelebihan Jakmall adalah memberikan peluang bisnis bagi para reseller untuk mendulang rezeki.

foto Ilustrasi e-commerce – CC0/ sumber : bisnis.com

Related Post