Kisah Masayoshi Son, Orang Terkaya di Jepang dari Korea Utara Sampai Beli Yahoo! Ini 6 Fakta Dirinya :

Rabu, 3 April 2019 | 6:01 am | 727 Views |
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
                                                                     
 
 

Masayoshi Son. (Shutterstock)

Korea Utara sering dijuluki sebagai negara paling misterius di dunia karena menutup diri dari dunia luar.

 

suarakaltim.com – Masayoshi Son orang terkaya kedua di Jepang. Masayoshi Son sering disebut sebagai investor zaman now.

Yang tidak sangka, Masayoshi Son merupakan orang terkaya di Negeri Sakura namun dirinya berasal dari Korea Utara. Sebab Korea Utara sering dijuluki sebagai negara paling misterius di dunia karena menutup diri dari dunia luar.

Masayoshi Son adalah pendiri dari SoftBank, sebuah perusahaan telekomunikasi dan investasi yang gemar menyuntik dana ke banyak perusahaan berbasis teknologi. Bayangin aja, perusahaan ini sudah menggelontorkan dana sebesar 35 miliar dolar Amerika Serikat atau Rp 496 triliun di tahun 2017 ke berbagai perusahaan.

BACA JUGA : Bisnis Mahasiswi Ini Lumayan Per bulan ; Jual Celana Dalam Bekas, Terkadang Ada Tawaran Extra ; Mencium Ketiak

Total kekayaan pria kelahiran 1967 silam ini dikabarkan menyentuh 23 miliar dolar Amerika Serikat atau Rp 326 triliun.

Selain sukses sebagai pengusaha, Forbes pun kerap menyebut Son sebagai seorang dermawan. Saat ini, ia pun berada di urutan ke 43 orang terkaya di dunia versi Forbes.

Berikut 6 fakta seputar Masayoshi Son:

1. Berdarah Korea Utara

Gak heran kalau dirinya merupakan orang terkaya di Jepang, (Ilustrasi/Shutterstock)

.

Menurut informasi di Wikipedia, Masayoshi Son ternyata merupakan orang Korea Utara lho. Kok bisa ya dirinya menjadi orang terkaya di Jepang? Namanya juga nama Jepang gitu lho, paling cuma nama belakangnya saja yang berbau Korea.

Jadi ceritanya, kakek nenek Son memang berasal dari Korut. Mereka berniat mengais rezeki ke Negeri Sakura dengan menjadi imigran.

Son sendiri lahir di Pulau Kyushu, sebuah pulau yang terletak di bagian selatan Jepang. Lebih tepatnya di Prefektur Saga. Gak heran kalau akhirnya, dia menggunakan nama Jepang.

2. Pindah ke Amerika ketika masih belum fasih berbahasa Inggris

Masayoshi Son
Meskpun kaya di Jepang, Ia pun juga memiliki banyak perusahaan di dunia, (Forbes).

Keluarga Son akhirnya pindah ke California, Amerika Serikat saat Masayoshi berusia 16 tahun. Di sana, Masayoshi yang belum fasih banget dalam bercakap bahasa Inggris, akhirnya diterima buat melanjutkan studinya di Berkeley.

Sejatinya di masa itulah, naluri entrepreneur Son terlihat. Dirinya udah berhasil menemukan sebuah microchip yang akhirnya jadi buah bibir di media. Son yang masih berusia 19 tahun kala itu, makin pede bisa menjadi entrepreneur di bidang teknologi.

Inspirasi Bisnis : Mendulang Rezeki ala Reseller

Akhirnya, Son yang saat itu masih kuliah berhasil menciptakan sebuah perangkat yang sukses dijual ke Sharp Corporation senilai US$ 1,7 juta. Dirinya juga meraup keuntungan lain sebesar US$ 1,5 juta dengan membeli mesin dingdong (video game) bekas asal Jepang, dan memasangnya di sebuah restoran di Amerika.

Setelah pulang kampung ke Negeri Sakura, kisah sukses Son ternyata sudah tersebar di negaranya. Ia pun jadi idola anak-anak keturunan Korea yang tinggal di Jepang.

3. Mendirikan Softbank di usia 24 tahun

Masayoshi Son
Di usianya yang masih 24 tahun udah mendirikan perusahaan sendiri yakni Softbank, (Ilustrasi/Shutterstock).

 

Di usia 24 tahun kita mungkin masih kerja, tapi lain dengan Son yang udah mendirikan perusahaan sendiri. Bayangin aja di usianya yang masih muda, ia udha mendirikan Softbank lho.

Setelah mendirikan Softbank yang berbasis di Tokyo, ia pun merilis dua majalah berbau teknologi. Dan bersamaan dengan itu, Son juga merilis sebuah software komputer.

Namun, Son yang ambisius akhirnya mengubah perusahaan yang ia pimpin menjadi perusahaan telekomunikasi dan media. Di pertengahan tahun 1990-an, Softbank menjadi salah satu penyedia layanan televisi parabola di Jepang, yang juga memiliki anak usaha berupa broker saham (sekuritas).

4. Membeli Yahoo! dan Alibaba

Masayoshi Son
Son sempat membeli Yahoo! lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masih gak puas dengan pencapaian perusahaannya, di tahun 1995 Son membeli saham Yahoo dan Alibaba (1999). Bisa dibilang, ia menjadi salah satu investor perdana di dua situs ini lho.

Setelah itu, Son meluncurkan Yahoo! Japan yang akhirnya menjadi situs pencarian nomor satu di Jepang. Meski kepemilikan saham Softbank di Yahoo cuma 7 persen, Son mendirikan Yahoo! Broadband bersama Yahoo! Jepang yang saham mayoritasnya masih ia kuasai.

Masayoshi Son
Alibaba dan Yahoo! dua perusahaan raksasa yang dibeli dirinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Namun, saat saham Softbank mengalami devaluasi yang cukup serius, ia pun ikut menanggung kerugiannya. Son malah memusatkan perhatiannya ke Yahoo! Broadband dan perusahaan itu membeli Japan Telecom hingga akhirnya, Yahoo! BB jadi broadband provider terbesar di Jepang.

5. Membeli saham Vodafone dan beberapa perusahaan lain

Masayoshi Son
Vodafone salah satu perusahaan yang sahamnya dibelinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma Yahoo! atau Alibaba doang, Vodafone pun ia beli di tahun 2006. Dan Softbank juga membeli Sprint Corporation di Amerika Serikat yang juga bergerak di bidang telekomunikasi.

BACA : 

KORAN, BISNIS DAN PERANG

Akuisisi-akuisisi inilah yang akhirnya membuat Softbank jadi rakasasa di negeri sendiri. Gak heran kalau perusahaan itu berani menyuntik dana ke banyak startup, beberapa di antaranya adalah Tokopedia, Grab, WeWork, dan lainnya.

6. Tinggal di rumah mewah seharga Rp 700 miliar!

Masayoshi Son
Rumah mewah gak heran bagi orang terkaya di Jepang ini, (thepinnaclelist).

Bisnisnya oke, lantas gimana dengan rumahnya? Jangan ditanya deh, rumah Masayoshi Son itu super mewah, harganya Rp 700 miliaran!

Yang jelas, rumah itu benar-benar dilengkapi fitur teknologi tinggi juga dilengkapi lapangan golf dan tiga lantai. Orang kaya, mau beli rumah kayak apa juga tinggal bayar tunai dan beres!

BACA : 

Jokowi Bakal Teken Proyek OBOR China, Rizal Ramli: Hati-hati, Di bawah Pengaruh China

Nanti kita akan bahas rumah Son di lain waktu ya. Itulah enam fakta Masayoshi Son yang patut kamu ketahui. Intinya dari kisah ini, jelas banget bahwasannya investasi dalam bisnis bisa bikin kita kaya. Kamu pun bisa memulai investasi seperti Son tapi kecil-kecilan dulu. Gimana caranya?

Ya jelas, dengan investasi saham dong. Yuk, buka rekening saham biar bisa beli perusahaan. /Mahardian Prawira Bhisma/moneysmart.id

 

Related Post